Cara Mengatur Resolusi Keuangan Tahun 2021 Ala Pede

Selamat datang di tahun 2021, Sobat Pede! Wah, tahun baru harus semangat baru ya. Kira-kira kamu udah ada resolusi tahun baru belum?

Resolusi itu penting banget untuk meningkatkan semangat hidup dalam keseharian kamu. Biasanya resolusi disusun saat tahun baru tiba. Resolusi di sini artinya rencana atau putusan yang bersifat menuntut tentang suatu hal. Terkadang, resolusi adalah rencana yang mudah dibuat namun sebenarnya sulit direalisasikan.

Setiap orang memiliki resolusinya sendiri-sendiri tergantung dari apa yang direncanakan dan ingin dicapai di tahun baru. Nah, kalau resolusi tentang perencanaan keuangan di tahun 2021 kira-kira udah ada belum? Yuk simak tipsnya di bawah ini biar bisa semangat mewujudkan finansial yang lebih baik di tahun ini :

Lunasi Cicilan. Teruntuk kamu yang memiliki cicilan sejak tahun-tahun sebelumnya. Kini saat yang tepat untuk mulai melunasi cicilan itu semua. Baik mulai dari cicilan kartu kredit hingga cicilan pinjaman dana online. Selain biar membuatmu tenang, kamu juga bisa mengikis beban finansial sebelum berkomitmen untuk membuka pemasukan lain dan niat untuk menabung yang lebih banyak.

Siapkan Dana Darurat. Siapa bilang dana darurat itu nggak penting? Kamu tahu kan kalau di tahun 2020 ada banyak kejadian yang tak terduga di dalam hidup kita? Tiba-tiba ada musibah banjir, kebakaran, hingga pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum juga usai. Mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang putus asa karena finansial tak kunjung membaik. Di tahun ini kita harus pintar-pintar menyimpan dana darurat kita sendiri. Yuk mulai menabung sejak dini biar kamu makin terlindungi dari resiko masa depan.

Lakukan Investasi Sebanyaknya. Jika sudah memiliki dana darurat bukan berarti kita jadi berhenti berinvestasi. Justru harus semakin semangat berinvestasi di tahun ini biar kamu bisa meminimalisir risiko finansial di masa depan. Yuk mulai investasi kecil-kecilan di aplikasi Pede, dapatkan imbal hasil hingga 7% per tahun mulai dari investasi seribu rupiah. Mau? Download aja aplikasi Pede sekarang di handphone kamu.

Optimasikan Tabungan. Di tahun ini, harus lebih banyak mengoptimasikan tabungan selain mengandalkan dari dana darurat. Salah satu caranya dengan auto debit dari gaji yang kamu dapatkan. Saat kamu melakukan optimasi tabungan, kamu tidak perlu memikirkan berapa banyak uang yang akan kamu sisihkan setiap bulan karena otomatis akan langsung ada penarikan uang dari rekening kamu.

Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini. Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk resolusi keuangan 2021 adalah dengan menyiapkan dana pensiun. Walaupun masih jauh dari kata pensiun, tetapi minimal kamu sudah mulai prepare sejak dini ya sobat biar masa tua kamu nanti tetap tenang, aman dan bebas merdeka dari finansial.