5 Alat Makan yang Ramah Lingkungan, Cocok Agar Kamu Lebih Zero Waste

ika bicara zero waste sepertinya tak habis-habis ya, Sobat. Kini makin banyak masyarakat yang kemudian peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan alat makan yang ramah lingkungan. Bukan hanya anti berbahan plastik, sampai-sampai ada beberapa lho yang bisa langsung dimakan setelah digunakan.

Di bawah ini ada beberapa alat makan yang sengaja dibuat untuk mengurangi sampah plastik dan sangat unik. Tidak perlu dicuci dan disimpan, semua bisa kamu gunakan. Tentunya akan lebih praktis. Yuk simak apa saja alat makan yang ramah lingkungan versi Pede.

1.    Piring Coklat dari Sereal Gandum

Kini telah ada piring berwarna coklat yang tampak seperti tanah liat. Jika dilihat lebih dekat, piring ini ternyata terbuat dari sereal gandum. Kamu bisa memilih beberapa ukuran dan bentuk piring yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pencetus ide piring coklat ini adalah pengusaha asal Polandia, Jerzy Wysocki. Awalnya ia mengolah tepung gandum yang ditekan dengan alat khusus hingga bentuknya menjadi padat. Walau piring ini tak sekuat jenis keramik atau plastik tetapi sudah terbukti bisa menampung makanan yang mengandung banyak cairan, lho.

Jika didiamkan, bahannya pun gampang terurai dan bisa dijadikan pupuk. Nah satu lagi, keunikan sekaligus keunggulan piring jenis ini. Selain ramah lingkungan, piring ini ternyata juga enak dimakan karena dibuat dari gandum sehingga rasanya seperti biskuit dan teksturnya renyah. Gimana Sobat menurutmu? Berminat beli?

2.    Garpu & Pisau dari Tepung Kentang

Biasanya, garpu dan pisau itu terbuat dari bahan logam stainless atau plastik, tapi kini ada yang membuatnya dari tepung kentang, lho. Alat makan ini telah dirilis pada tahun 2018 lalu dan sudah mendapat banyak pesanan dari berbagai negara.

Bahan-bahannya adalah tepung kentang, air dan gliserin yang kemudian dipanaskan dan dicetak. Tekstur alat makan ini juga renyah dan bisa langsung disantap. Kalaupun kamu tak ingin memakannya, garpu dan pisau ini bisa terurai dalam waktu 2 bulan. Keren kan, apakah kamu tertarik ingin membelinya?

3.    Gelas dari Cumi

Tak mau kalah dari yang lain, perusahaan asal Jepang juga ikut membuat sebuah inovasi dengan menghadirkan gelas dari cumi. Gelas tersebut bernama Ika Glass. Bentuknya pun lucu dan menarik.

Gelas ini juga bisa dimakan sama seperti wadah edible (bisa dimakan) yang lain, akan tetapi kamu harus memasak terlebih dahulu sebelum kamu makan. Bahan baku gelas ini adalah cumi utuh yang dikeringkan dengan teknologi khusus.

Biasanya, gelas ini menjadi tempat minum sake. Setelah dipakai sebagai minum, gelas ini bisa langsung dipotong-potong dan dimasak menjadi berbagai hidangan. Tentunya akan menjadi lebih praktis, hemat dan enak kan, Sobat? Tertarik untuk mencobanya?

4.    Sendok dari Beras

Wow, terdengar unik ya dari namanya saja, sendok dari beras. Sendok yang satu ini juga bisa langsung dimakan Sobat karena bahan baku pembuatnya adalah beras, gandum dan sorgum. Sendok ramah lingkungan ini hadir dalam tiga rasa yaitu gurih, manis, dan original.

Kamu bisa gunakan sendok ini untuk menyantap berbagai makanan. Biasanya sendok ini digunakan untuk menyantap es krim. Kini sendok ini sedang sering diburu oleh masyarakat dan media karena keunikannya sebagai produk yang ramah lingkungan.

5.    Sedotan dari Logam

Untuk sedotan yang satu ini memang sedang viral di media sosial dan di kalangan masyarakat. Sedotan logam atau stainless steel ini paling banyak digunakan sebagai pengganti sedotan plastik. Tak hanya itu, kamu bisa gunakan berulang kali, kokoh dan bisa juga kamu bawa kemana-mana tanpa takut patah.

Sedotan ini dibentuk sedemikian rupa dengan bentuk yang lurus maupun melengkung di bagian atasnya. Sedotan logam ini juga lebih aman digunakan untuk minuman yang panas atau dingin. Nah, tapi kamu jangan lupa untuk mencuci dan mengeringkannya agar tidak ada timbunan noda dan bakteri di sedotan itu ya.

            Kira-kira dari semua alat-alat makan di atas mana yang sudah kamu gunakan? Apakah sudah ada yang kamu miliki? Sudah saatnya ya kamu mulai jaga lingkungan sejak dini biar bumi senantiasa indah dan masih bisa dinikmati oleh anak cucu cicit kita nanti. Bila belum bisa memiliki ke lima alat makan tersebut, setidaknya mulailah dengan mengurangi sampah.

            Salah satunya dengan semangat paperless di aktivitas & kebutuhan finansialmu dengan mulai mempercayakan pada aplikasi Pede sebagai aplikasi yang bisa mengatur segala keuanganmu. Kamu bisa mendapatkan asuransi, investasi hingga pinjaman di aplikasi ini. Mau? Yuk buruan download aplikasinya sekarang di sini