5 Cara Mudah Biar Persahabatan Kuat dan Langgeng

Selain keluarga dan pasangan kita, hubungan pertemanan juga menjadi satu-satunya hubungan yang sangat berpengaruh dalam hidup kita. Baik atau buruk, hubungan pertemanan sebagian besar dapat menentukan kebahagiaan kita sendiri. Sahabat dapat membantu kita mengembangkan ritme kehidupan sehari-hari bahkan dapat membentuk tujuan dan impian kita, mereka juga dapat mendorong kita menjadi pribadi yang lebih baik. Maka dari itu, peran sahabat sangat penting dalam kehidupan kita. Salah satu novelis asal Amerika, Elie Wiesel pernah katakan bahwa persahabatan itu lebih dalam dari cinta. Ya, persahabatan terkadang bisa menjadi lebih dalam dari cinta, namun tak banyak orang yang mampu mempertahankan hubungan persahabatan ini. Sama halnya dalam menjaga hubungan percintaan, dalam persahabatan yang sehat juga dibutuhkan komitmen kuat untuk saling menjaganya. Jadi seperti apa persahabatan yang sehat itu? Bagaimana cara membangun persahabatan yang kuat dan langgeng? Berikut ini lima cara untuk menjaga hubungan dengan sahabatmu, yang telah kami rangkum dari inspiringtips.com:

1. Menjadi pendengar yang baik

Sebagai seorang sahabat yang baik tentunya akan rela menjadi pendengar yang baik untuk sahabatnya. Segala kesuh kesah masalah kehidupan sahabatmu harus mampu kamu tampung dan kamu dengarkan tanpa menghakimi. 

2.    Bersikap baik

Tindakan sederhana ini sangat ampuh untuk mengubah suasana hati seseorang yang sedang mengalami masa sulit. Bersikap baik bisa kamu lakukan dengan saling mendukung ataupun menolong satu sama lain. Kamu dan sahabatmu pun jadi saling menjaga silahturahmi dengan baik. Percayalah segala sesuatu yang baik akan selalu berbuah baik dalam hidupmu.

3.    Jadilah pribadimu yang apa adanya

Jujur memang menjadi satu-satunya kunci yang paling ampuh agar membuat pertemananmu langgeng selamanya. Persahabatan yang kuat dan tahan lama harus dibangun dengan pondasi yang jujur. Sebuah hubungan yang didasari dengan kepura-puraan itu tidak akan bertahan lama. Jadi, mulai sekarang tak ada rahasia diantara  kamu dan sahabatmu ya. 

4.     Sering Bertemu

Tak peduli seberapa sibuknya kamu, luangkanlah waktu bertemu dengan sahabatmu. Percayalah sobat, komunikasi dengan bertemu adalah satu-satunya cara untuk menjaga persahabatan agar langgeng selamanya. Dalam pertemuan itu, hindari juga memegang ponsel terlalu sering. Gunakan kesempatan itu untuk saling tukar pikiran, bercerita dan membagi ide-ide kreatif. 

5.     Mencoba suatu hal yang baru dan bersenang-senang bersama

Penting lho dalam menjaga hubungan persahabatan dengan mengajak sahabatmu berpetualang dan mencoba suatu hal yang tidak pernah kalian lakukan sebelumnya. Kamu dan sahabatmu bisa travelling bersama ke destinasi yang telah kalian tentukan. Dengan seiring berjalannya waktu jika kalian terus melakukan hal-hal seru bersama, pasti rasa memiliki dan rasa sayang diantara kalian akan semakin kuat lho, sobat!  

Menarik bukan untuk diterapkan dalam hubungan persahabatanmu? Oh ya, dari lima tips diatas, kami juga mempunyai saran yang tentunya bisa membuat persahabatanmu langgeng selamanya yaitu dengan membagikan kebahagiaan. Salah satu cara mudahnya adalah kamu cukup gunakan aplikasi pede-mu dan sebarkan nametag kamu untuk mengikuti program member get member (MGM)