5 Negara Tujuan Travelling yang Nggak Bikin Kantong Jebol

 Wah! Dari judul artikel kali ini saja, sepertinya kamu sudah minderduluan ya soal liburan di luar negeri? Bisa jadi yang ada di benak kamu adalah mahal dan menguras kantong. Siapa bilang? Tenang, kali ini kita akan mengupas tuntas 5 negara yang murah meriah untuk liburan pertengahan tahun ini. Mau tahu di mana aja? Baca terus ya.

            Dalam beberapa tahun terakhir ini, fenomena liburan di luar negeri menjadi trending di sosial media, televisi hingga beberapa artikel. Selama tahun 2016 jumlah warga Indonesia yang keluar negeri mencapai 8,4 juta orang dan melonjak di tahun 2017 mencapai 9,1 juta orang.

         Hal ini, sesuai yang diinfokan kompas.com pada 10 Januari 2018, peningkatan tersebut berbanding lurus dengan lonjakan permintaan penerbitan paspor ke Direktorat Jendral Imigrasi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyak di antara mereka yang berbondong-bondong datang ke imigrasi untuk membuat passport hanya agar bisa berlibur ke negara tujuan mereka.

Menarik bukan? Namun sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa destinasi wisata luar negeri itu akan menguras keuangan karena tingginya biaya liburan di sana dibandingkan dengan liburan di tempat wisata domestik. Eits, apa iya sih? Ternyata, ada destinasi wisata di dunia ini banyak yang bisa kita kunjungi walaupun keadaan bujet kita pas-pasan.

Mau tahu destinasi wisata negara mana yang cocok dan pas untuk kamu yang tidak memiliki budget lebih untuk liburan singkat? Yuk simak negara-negara dibawah ini :

1.      Kamboja

Image by : www.unsplash.com

Tak ingin yang jauh-jauh dari Indonesia? Tenang, ada negara Kamboja nih yang tak kalah keren. Kamboja adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup eksotis dan menawan, sayangnya belum banyak traveller yang mengetahui keindahan dari negara Kamboja ini. Beberapa lokasi bisa dikunjungi di negara ini antara lain wisata Liar Banlung, Pantai Kep, hingga Candi Koh Ker.

Lantas bagaimana dengan penginapan dan biaya makan di sana? Tenang, kamu hanya cukup mengeluarkan uang sekitar Rp50.000 hingga Rp150.000 per orang untuk biaya penginapan. Sedangkan untuk biaya makan, cukup mengocek uang Rp35.000 hingga Rp75.000 per orang di restoran. Jika makan di tempat tradisional semuanya serba Rp20.000. Ssst… jangan ketagihan sama ikan amoknya ya!

Oh ya, untuk transportasi di Kamboja kamu bisa gunakan “tuk-tuk” untuk mengantarkan kamu keliling kota. Tuk-tuk adalah transportasi yang popular bagi wisatawan. Tarif normal tuk-tuk dari bandara ke area Centra Market hanya 5USD, namun biasanya supir tuk-tuk memasang tarif tinggi. Pastikan kamu membayar dengan uang pas dan jangan menunjukkan kamu membawa uang yang banyak.

2.      Vietnam

Image by : www.unsplash.com

Siapa yang tidak tahu Vietnam? Kini, Vietnam telah menjadi buah bibir para traveller karena terkenal dengan pariwisatanya yang eksotik dan tentu harganya ramah di kantong orang Indonesia. Hal ini tentu didukung oleh program pemerintah Vietnam yang turut mengatur biaya penginapan hingga kebudayaan lokalnya.

Bayangkan saja, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp70.000 saja untuk dapat menginap di Vietnam. Tak hanya itu, biaya makan disana pun tergolong murah. Jika makan di restaurant mewah dengan menu makanan yang lengkap kamu hanya mengeluarkan Rp150.000. Selain itu, cobalah jajan kaki lima di negara ini juga ya!

Vietnam juga memiliki turis destinasi alam seperti pantai. Ada banyak pantai-pantai indah yang bisa kamu kunjungi di negara ini seperti Ha Long Bay, Danau Hoan Kiem, Pulau Phu Quoc dan masih banyak lagi. Jangan lewatkan pula wisata bersejarahnya seperti Hoa Lo Prison Museum, Remnants Museum, serta Terowongan Cu Chi.

3.      Nepal

Image by : www.unsplash.com

Nepal adalah negara yang harus masuk dalam list destinasi wisata kamu ya, Sobat. Walau sempat diguncang gempa bumi dahsyat tahun 2015, masih ada banyak sudut-sudut bersejarah lain dan pemandangan alam yang dapat memuaskan mata di Nepal seperti indahnya Gunung Everest dan Tibet. Kamu bisa berkunjung ke Pokhara, Kathmandu dan Bhaktapur yang tak kalah keren!

Untuk mengunjungi negara juga tak sulit, wisatawan Indonesia hanya memerlukan visa on arrival (VOA) yang bisa diperoleh di bandara ketika kamu sampai di sana. Saat ini, kamu bisa mendapatkanya melalui sebuah mesin yang dijumpai di pintu masuk Bandara Tribhuvan, Nepal. Caranya, lengkapilah formulir, foto dan lakukan pembayaran visa. Harga visa tergantung dari berapa lama kita berlibur di sana.

Biaya makan dan penginapan di Nepal terbilang cukup murah. Untuk biaya makan tergantung pada pilihan kamu ingin makan dimana dan seperti apa. Jika hanya makan tradisional di Nepal, untuk sekali makan kamu cukup mengeluarkan biaya Rp20.000 dan paling mahal Rp50.000. Sedangkan untuk harga penginapannya mulai dari Rp100.000 per malam hingga Rp500.000.

4.      India

Image by : www.unsplash.com

Keindahan istana Taj Mahal, kelezatan roti canai, dan aroma wangi dari Masala Tea pasti akan membuat kamu terpikat dengan negara dengan penduduk terbesar ketiga di dunia ini. India adalah negara yang memiliki biaya hidup yang relatif murah, Sobat. Maka, jangan heran jika banyak orang menjadikan India sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi dengan bujet murah.

Eits, jangan salah india juga punya wisata yang tak kalah menarik dengan negara lain. Salah satunya Taj Mahal yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Selain itu, kamu juga bisa kunjungi wisata lain seperti Kuil Jain Ranakpur, Benteng Mehrangarh hingga situs ziarah kuno Galtaji. Untuk biaya transportasi di India masih relatif murah sekitar Rp3.000 per km.

Bicara soal sewa kamar hotel tergantung dimana kamu akan menginap. Namun, standar penginapan di sana mulai dari Rp200.000 aja kok, Sobat. Murah sekali, kan? Untuk biaya makan disana tergolong murah, akan tetapi disarankan kamu makan tengah saja ya karena porsi yang disajikan di sana besar-besar lho.

5.      Hungaria

Image by : www.unsplash.com

Buat kamu yang bosan dengan liburan di Asia bisa coba terbang agak jauh ke benua Eropa. Kota yang bersejerah ini, destinasi wisatanya sudah tidak perlu diragukan lagi Sobat. Kamu bisa menikmati beberapa tempat eksotis seperti Kastil Buda, Kota Budapest hingga Heroes Square.

Harga tiket ke Hungaria mahal? Yes, benar! Baiknya, kamu pesan tiket dari jauh-jauh hari dan cari promonya sesering mungkin ya. Oh ya, paket tour ke negara ini pun sudah banyak ditawarkan lho di Indonesia.

Jika kamu yang memiliki bujet minim untuk dapat ke negara ini, tenang saja biaya penginapannya hanya Rp200.000 per orang per malam. Murah banget, kan? Soal biaya sekali makan? Tenang, kamu tak perlu merogoh kocek hingga ratusan ribu.

Bicara lokasi wisata, cobalah kunjungi Danau Balaton di Trasndanubia yang indah di Hongaria bagian barat. Nikmati pula kue-kue lezat dengan penyajian menarik di Gerbeaud hingga jangan lupa cicipi kebun anggur di Bukit Badacsony.

Jadi bagaimana? Makin penasaran kan mengenai 5 negara pada artikel di atas. Ah, daripada cuma penasaran mending buruan yuk langsung kepo dan searching di social media juga YouTube kamu tentang destinasi wisata di atas.

Nah, kalau pas lagi sambil browsing-streaming dan kepo-kepo destinasi liburan terus tiba-tiba kuota pulsa abis? Tenang, beli aja langsung di PEDE, aplikasi yang memudahkan kamu untuk pintar pegang duit. Pasti cepat, mudah dan nguntungin!

Oh ya, tunggu artikel selanjutnya ya mengenai destinasi wisata di Indonesia yang super murah untuk kamu berlibur bersama orang tersayang. Selamat berlibur, Sobat!

-YIEN-