Hati-hati, Ini Cara Bijak Untuk Pinjam Dana Online

Kamu sudah baca artikel yang sebelumnya tentang Mau Liburan Tapi Duit Kurang”? Pada artikel tersebut terdapat pembahasan mengenai fenomena “liburan dulu, bayarnya nanti” dan menyarankan kamu untuk melakukan peminjaman dana online. Tentunya hal ini direkomendasikan bagi kamu yang ngebet liburan atau momentumnya sudah sangat pas tetapi sayangnya budget belum tercukupi.

Cara itu juga tidak bisa dibilang salah lho, toh itu biar kamu happy. Jadi kamu berhak untuk melakukan liburan jika kamu sudah merasa jenuh dan penat dengan hari-harimu. Apalagi, dengan rutinitas pekerjaan yang sedang membosankan, di mana kamu masih harus berkutat dengan laptop, komputer dan data-data kerjaan yang tak ada habisnya. Kalau sudah begini, segeralah ambil cuti agar kamu bisa lebih produktif kembali.

Ketika budget tidak mencukupi sementara kamu sedang posisi akut butuh liburan, solusinya tentu meminjam dana. Kini telah berjamuran pinjaman online yang tentunya banyak memberikan penawaran yang menggiurkan. Mulai dengan persyaratan yang super mudah, dana cepat cair hingga bunga kecil.

Dengan begitu, kamu sudah saatnya harus pintar, hati-hati dan bijak untuk memilih dan memilah aneka produk pinjaman yang pas buat kamu. Karena jangan sampai mendapatkan produk yang tidak pas buat kamu lalu terjebak dengan kemudahan persyaratan yang membabi-buta malah berujung dengan tidak mampunya kamu mengembalikan pinjamannya nanti.

Nah, biar kamu tidak terjebak dan kusut dengan kasus pinjaman online, baiknya kamu baca tips-tips keren buat kamu berikut ini untuk meminjam dana online dengan pintar, bijak dan kamu nggak bakal rugi serta tetap aman dalam meminjam dana online.

1.      Jumlah pinjamanmu harus sesuai dengan kemampuanmu

Menurut pedoman pinjaman dana online yang dilansir oleh OJK, pinjaman yang kamu ajukan tidak melebihi 30% dari penghasilan yang kamu dapatkan dalam sebulan. Jika lebih dari itu, bisa-bisa arus keuanganmu malah jadi kacau. Hitung rasio hutang sangatlah penting agar kita bisa mempersiapkan dana untuk membayar cicilannya.

Misalnya kamu memiliki gaji Rp10juta. Tagihan maksimal yang bisa kamu bayarkan per bulannya adalah Rp 3 juta. Angka ini ditetapkan sebagai patokan karena kamu masih memiliki berbagai kebutuhan dan tanggungan yang harus dipenuhi, selain melunasi pinjaman tersebut.

Untungnya, di aplikasi PEDE ada Sasha, chatbot Sahabat Harian Finansial Anda, yang bisa kamu manfaatkan untuk pengecekan kesehatan finansial kamu. Apabila kamu mau meminjam dengan produk PEDE Pinter – Pinjaman Terkini, kamu pasti akan ditanya dulu oleh Sasha dengan beberapa pertanyaan agar pinjaman yang diberikan pas dan sesuai untuk kamu.

2.      Pilihlah lembaga pinjaman online yang tepercaya

Hal ini penting untuk kamu pertimbangkan. Jika kamu sembarang meminjam dana online dengan lembaga yang tidak tepercaya, maka kamu akan memiliki resiko tertipu. Bahkan dalam beberapa kasus, data-data pribadi yang kamu submit di aplikasi tersebut akan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pilihlah lembaga pinjaman online yang secara transparan memberikan informasi mengenai segala biaya yang dikenakan, mulai dari bunga, biaya administrasi, biaya denda dan sebagainya. PEDE Pinter – Pinjaman Terkini adalah tempat yang pas bagi kamu untuk melakukan peminjaman online yang tepercaya, proses cepat, dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Republik Indonesia.

3.      Memahami dan membandingkan berbagai produk pinjaman online

Kini telah terdapat 99 perusahaan fintech yang menawarkan layanan pinjaman dana online yang bisa jadi pilihan buat kamu. Dengan semakin banyaknya perusahaan fintech ini, kamu juga perlu jeli sebelum menggunakannya.

Pahami terlebih dahulu setiap produk pinjaman, cek status perusahaannya (terdaftar di OJK atau tidak), lama tenor pengembalian, kontrak pinjaman, besar bunga yang ditangguhkan hingga ketentuan soal denda. Pada umumnya, setiap aplikasi pinjaman dana online memiliki ketentuan yang berbeda-beda dari aspek di atas.

Kamu perlu mencari produk fintech yang memberikan besar pinjaman dananya sesuai dengan kebutuhanmu, bunganya ringan, proses cepat, dan persyaratan mudah.  Dari semua itu, PEDE Pinter – Pinjaman Terkini memiliki kriteria di atas. Selain karena PEDE bekerjasama dengan Julo yang sudah berpengalaman di produk pinjaman online, PEDE Pinter selalu memastikan pinjaman yang diberikan sesuai kebutuhan kamu dengan bantuan fitur Sasha.

4.      Menyisihkan sebagian gajimu untuk membayar pinjaman online

Cara yang tepat agar kamu tidak pusing lagi membayar pinjaman online adalah selalu disiplin dengan mulai menyisihkan sebagian gajimu untuk tagihan. Misalnya, ketika tanggal gajian tiba, lalu kamu sisihkan sebagaian gajimu di ATM, dompet, ataupun celengan yang tentunya aman. Ingat, jangan coba-coba sentuh uang tersebut lagi ya. Tujuannya adalah agar kamu komit dalam mengembalikan tagihan dengan tepat waktu biar tidak terkena denda yang bisa membuat kamu lebih pusing.

Jika kamu telah mengajukan peminjaman dana online, maka kamu juga harus bijak dalam mengembalikannya dengan melunasi semua tagihan dengan tepat waktu. Dengan membayar tagihan tepat waktu, riwayat kreditmu akan tetap baik dan pengajuan-pengajuan berikutnya akan lebih mudah disetujui. Selain itu, tepat waktu membayarkan tagihan menghindarkanmu dari denda yang akan membuat pengeluaranmu semakin bertambah.

5.      Hindari ‘gali lubang tutup lubang’

Saat ini telah banyak aplikasi fintech (financial technology) yang berkembang di Indonesia dengan menawarkan pinjaman dana online. Beberapa dari aplikasi tersebut menawarkan pinjaman yang mudah, proses yang cepat cair tanpa verifikasi hingga tawaran bunga yang rendah dengan cicilan beberapa bulan. Belum lagi banyak saat ini peminjaman dana online yang illegal.

Hal ini tentu menjadi godaan tersendiri bagi pengguna di mana akan melakukan pinjaman dana di aplikasi tersebut. Tentunya, disarankan agar kamu tidak meminjam uang yang banyak di aplikasi yang berbeda agar “tidak gali lubang, tutup lubang”. Artinya, jika kamu memiliki pinjaman jangan kamu lunasi dengan pinjaman dari aplikasi atau produk yang lain. Hal ini akan merugikan kamu, karena cicilan yang kamu bayarkan bukan menutup pokok hutangmu, melainkan membayar bunga hutangmu saja.

Nah, bagaimana 5 tips di atas? Cukup jelas? Kamu bisa terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari, apalagi jika kamu sering meminjam dana online. Semoga kamu bisa lebih berhati-hati dengan aplikasi yang ilegal dan selalu bijak dalam mengembalikan dana online tersebut.

Oh ya, biar kamu nggak was-was dan merasa nyaman selama melakukan peminjaman online, pakai saja PEDE Pinter – Pinjaman Terkini yang jelas-jelas sudah terpercaya dan legal. Selain itu, PEDE Pinter telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Mau ajukan sekarang? Buka aplikasi PEDE sekarang, ajukan pinjaman yang sesuai kemampuanmu.