Hidup Sehat Dimulai Dari Rumah, Ini 5 Cara Mudahnya

Tubuh yang sehat tentunya dipengaruhi oleh pola makan dan lingkungan yang sehat pula. Semuanya ini dimulai dari tempat tinggal kita sendiri. Rumah adalah salah satu tempat pertama kali yang memberikan kenyamanan. Tentunya kebersihannya pun harus dijaga.

Kini banyak orang rajin membersihkan rumah tetapi mengabaikan kualitas udara di dalamnya. Padahal, polusi udara juga bisa datang dari dalam rumah dan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan penghuninya. Jika kualitas udara di dalam rumah buruk, maka resiko terkena penyakit juga akan semakin besar.

Oleh karena itu, pede berikan cara mudah untuk tetap hidup sehat dimulai dari rumah dengan beberapa cara di bawah ini:

1.      Ganti penyaring udara AC atau kipas angin

Sobat, jika kamu memiliki pendingin ruangan (AC), pastikan selalu membersihkannya secara rutin maksimal 1 bulan sekali khususnya di bagian filter atau penyaring udaranya. Hal ini bertujuan agar debu dan polutan yang terdapat dalam filter tersebut tidak akan bersikulasi kembali ke dalam ruangan.

Oh ya, jika kamu menggunakan AC usahakan juga untuk mencari AC yang ramah lingkungan agar rumah tetap nyaman. Selain itu juga bisa menghemat pengeluaran biaya listrikmu dalam kurun waktu sebulan. Untuk lebih hematnya lagi kamu bisa bayar tagihan listrik AC-mu pakai promo GAJIAN PEDE HORE. Klik di sini aja untuk detail lengkapnya.

Nah, untuk kamu yang menggunakan kipas angin, pastikan juga untuk selalu membersihkan baling-baling kipas setiap maksimal 2 minggu sekali. Hal ini juga bertujuan agar mengurangi debu yang menempel pada dinding baling-baling tersebut.

2.      Rutin membersihkan rumah

Untuk tips yang satu ini sepertinya memang harus dan wajib dilakukan ya, Sobat. Kamu bisa membersihkan rumah dengan memulai membersikan karpet dengan vacuum cleaner atau alat penyedot debu. Lalu selanjutnya bisa merapikan barang-barang yang berantakan untuk mengurangi penumpukan debu serta jamur.

Lakukanlah kegiatan ini secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Kamu bisa manfaatkan hari libur untuk membersihkan rumah. Jika kamu sibuk dan tak sempat membersihkan rumah, kamu juga bisa memanggil jasa pembersih rumah dengan harga yang tentunya bisa disesuaikan dengan budgetmu.

3.      Menanam tanaman di pekarangan rumah

Dengan cara menanam tanaman di halaman rumah juga ternyata membantu kamu lho untuk tetap sehat. Ternyata sirkulasi udara dari tanaman itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan menjadi sumber oksigen bagi tubuh.

Kamu juga bisa menanam pohon mangga, pohon ceri dan pohon kelengkeng yang dapat dijadikan perindang di halaman rumah. Selain membuat teduh, buahnya bisa dipetik setiap tahunnya. Pohon yang rindang dapat dijadikan tempat berlindung bagi kita saat cuaca sedang terik dan sebagai penyerap racun juga polusi udara.  

4.      Membuka jendela setiap hari

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk membuat kamu hidup sehat yang dimulai dari rumah. Dengan membuka jendela atau ventilasi setiap hari akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Pastikan kamu membuka jendela khususnya di pagi hari. Tujuannya agar udara kotor di dalam rumah bisa bergerak keluar dan rumah terasa lebih segar.

5.      Menggunakan alat pembersih udara (air purifier)

Air purifier adalah alat untuk membersihkan udara di ruangan, sehingga udara yang kamu hirup dapat lebih bersih dan bebas polusi. Saat ini, air purifier tersedia dengan berbagai fungsi tambahan seperti humidifikasi, aroma dan menyaring serbuk sari bunga yang seringkali menyebabkan alergi.

Dengan pembersih udara ini bisa menjadi solusi jitu jika kamu memiliki alergi pada debu dan partikel di udara. Walau tidak membersihkan udara secara menyeluruh, setidaknya pembersih udara ini bisa mengurangi tingkat polusi udara di rumahmu. Bagaimana menurutmu?

Nah, mudah kan untuk hidup sehat di rumahmu? Kalau kamu belum punya uang untuk membeli pembersih udara di rumahmu, coba aja nabung dulu pakai PEDE Hasil Lebih. Mau nabung berapa aja, saldo bertambah terus tiap hari. Bisa dapat imbal hasil optimal hingga 7 persen per tahun. Mau? Download aja aplikasi pede sekarang! Selamat menabung ya sobat.