Ini 5 Trik Ampuh Untuk Hemat Listrik Biar Tagihanmu Tidak Membengkak

Saat ini, ketergantungan masyarakat pada listrik boleh dibilang cukup tinggi. Hal ini dirasakan sejak hadirnya gadget sebagai teknologi yang digandrungi oleh anak-anak hingga dewasa. Fenomena ini membuat beberapa orang tidak bisa hidup jauh-jauh dari listrik. Bila listrik mati dan gadget lowbet = mati gaya. 

Dengan menyadari bahwa ketergantungan yang tinggi terhadap sumber daya energi ini, apalagi sumber energi listrik masih banyak tergantung pada energi minyak bumi, gas & air. Sehingga tidak menutup kemungkinan suatu saat energi listrik akan habis dan tidak bisa diproduksi lagi.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara penghematan listrik. Tentunya akan membantu kamu dalam penghematan pengeluaran biaya bulanan, kan? Hayoo siapa di sini yang tagihan listrik bulanannya terus membengkak dan acapkali hal ini sering tidak kamu sadari penyebabnya? Untuk itu, yuk lihat cara yang paling ampung untuk menghemat listrik:

1.     Cabut kabel dari colokan saat tidak digunakan

­      Dengan mencabut kabel dari sumber daya seperti colokan (power plug) saat tidak kamu gunakan bisa membantu hemat energi listrik. Baik itu pengisi daya gadget kamu, televisi, mesin cuci, setrika ataupun barang elektronik lainnya.

      Jika tidak dicabut, maka listrik akan tetap mengalir dalam kabel peralatan elektronik kamu walaupun alat elektronik itu dalam keadaan mati. Hal ini membuat listrik akan terbuang sia-sia dan kamu harus membayar tagihan listrikmu semakin membengkak.

2.     Gunakan pulsa listrik (token)

      Dengan menggunakan pulsa listrik sistem pulsa juga ternyata membantu kamu dalam menghemat pengeluaran tagihan listrik, lho. Listrik pulsa ini akan disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah kamu rencanakan sebelumnya dalam satu bulan.

      Cara ini merupakan inovasi terbaru dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan pembayaran listrik secara prabayar (sistem pulsa token). Tentunya, hal ini akan membantu kamu lebih bijak dalam mengontrol pemakaian listrikmu sehari-hari.

      Cara menggunakannya pun mudah seperti kamu membeli pulsa hape prabayar. Tinggal kamu masukan kode ID PEL-mu dan beli pulsa sejumlah yang kamu inginkan, lalu input nomor tokennya. Listrik akan mati otomatis jika pulsa habis.

3.     Ganti lampu dan televisi dengan LED

      Saat ini telah banyak produsen lampu yang memproduksi lampu jenis LED (Light Emitting Dioda). Keunggulannya adalah lebih hemat energi karena membutuhkan daya watt-nya yang lebih rendah, tapi hasilnya lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural dan tentunya lebih tahan lama.

      Artinya, jika daya listrik rendah maka lampu LED akan tetap mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain dengan daya listrik lebih besar. Bayangkan jika kamu mengganti 10 titik lampu di rumah menjadi berdaya lebih rendah, tentu sudah menghemat listrik.

      Soal harga, awalnya lampu LED memang cukup mahal. Seiring waktu berjalan, makin marak produsen menjual lampu LED dengan beraneka merek. Berikut ini beberapa merek lampu LED yang diklaim bagus tapi harganya terjangkau:

Selain lampu, kamu juga harus menghemat listrik dengan menggunakan televisi dengan fitur hemat energi LED. Perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan TV LED sangat jauh.

      Jika TV Tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau lebih maka TV LED 32 inch ini hanya  membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja.  Hemat banget, kan? Bahkan fitur hemat listrik diaktifkan maka akan lebih hemat daya hingga separuhnya menjadi 20-25 watt saja.

4.     Hemat penggunaan AC, setrika, kulkas dan mesin cuci

Bila di rumah menggunakan alat pendingin ruangan atau AC. Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Jika tidak digunakan, maka matikanlah penggunaan AC-mu agar tidak mengakibatkan pembengkakan listrik.

      Kulkas sebagai pendingin makanan juga harus diperhatikan dalam penggunannya. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karena kulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang yang ada di dalamnya. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama, karena mesin akan bekerja lebih tinggi jika pintu terbuka.

Bagi ibu rumah tangga, setrika baju juga lazim dilakukan hampir setiap hari. Sebaiknya menggunakan setrika yang hemat listrik juga. Pilihlah setrika yang memiliki fitur kontrol suhu otomatis yang bisa menghemat listrik. Hal ini tentunya sekaligus akan menghemat penggunaan listrikmu.

Mesin cuci juga menjadi salah satu elektronik yang menggunakan listrik. Sebaiknya, jangan gunakan pengering mesin cuci di saat musim kemarau. Selain itu, sesuaikan kapasitas mesin cucimu dengan jumlah pakaian sehari-hari agar mesin lebih hemat.

5.     Gunakan promo tagihan listrik setiap bulan

      Ini cara pamungkas yang paling menyenangkan buat kamu, apalagi ini berhubungan dengan urusan kantong kamu. Untuk bayar-bayar tagihan, khususnya tagihan listrik, manfaatkan promo saja, seperti yang ada di aplikasi Pede. Hal ini tentunya bisa membantu kamu dalam menghemat pengeluaran per bulan, lho.

      Nggak perlu bingung aplikasi mana yang paling menguntungkan dengan adanya promo bayar-bayar tagihan. Ikutan saja langsung promo Gajian PEDE Hore di aplikasi Pede – Ponsel Duit yang setiap bulannya, cashbacknya gede dan dijamin nguntungin, lho!Kalau penasaran, cobain saja sekarang.

Caranya mudah :

a.     Download (bagi yang belum) dan buka aplikasi pede

b.     Pastikan saldo Pede sudah cukup untuk membayar tagihan

c.      Klik fitur pembayaran

d.     Segera bayar tagihanmu (pulsa, paket data, listrik, air, BPJS, dll)

e.     Ikuti proses pembayaran tagihan sampai selesai

f.      Cashback akan otomatis diberikan H+1 setelah kamu membayar tagihanmu, bila pembayaranmu dilakukan selama periode program.

Atau kamu bisa mengakses website www.pede.id/promo untuk info selengkapnya mengenai promo Gajian PEDE Hore.