Keluarga Muda Perlu 5 Prioritas ini Agar Keluarga Sejahtera dan Bahagia

Sebagai keluarga muda apalagi buat kamu yang baru dan akan menikah di tahun 2020 ini, tentunya akan banyak hal yang harus dipersiapkan. Satu di antaranya yang terpenting adalah menentukan skala prioritas perencanaan keuangan keluarga. Maklum, kondisi setelah menikah tentunya akan berbeda jika kamu sudah memiliki keluarga.

Untuk keluarga muda, biasanya terdapat sumber penghasilan dari dua orang (suami dan istri), sementara ada pula yang hanya bergantung pada kepala keluarga, yaitu suami. Oleh karena itu, kamu juga harus berusaha sebisa mungkin untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam menyusun keuangan keluarga.

Nah, untuk itu ini ada beberapa poin yang wajib kamu prioritaskan untuk keluarga tercinta. Apa aja? Cek di bawah ini yuk…

1.      Rumah

      Yup, hal yang perlu kamu prioritaskan saat membangun rumah tangga di awal tahun adalah rumah. Sepertinya rumah menjadi prioritas pertama yang bisa dipertimbangkan mengingat harga rumah kian meroket setiap tahunnya.

      Pertimbangan tinggal bersama orang tua atau mertua memang terkadang menjadi pilihan, tetapi apakah akan selamanya kamu menumpang? Hmm, baiknya jika kamu belum memiliki rumah, kamu dan pasanganmu harus benar-benar memikirkan hal ini.

      Kamu bisa memulainya dengan menghemat dan mengumpulkan dana sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial keluarga. Setelah semua dana terkumpul untuk DP (uang muka) rumah, kamu bisa membelinya dengan program KPR.

2.      Tabungan Pendidikan Anak

      Selain memikirkan tempat tinggal yang layak, kamu juga harus mulai memprioritaskan untuk tabungan pendidikan anak. Hal ini perlu dilakukan mengingat biaya sekolah dan kebutuhan pendidikan anak terus naik setiap tahunnya.

      Untuk menyiapkan prioritas ini, kamu juga bisa gunakan aplikasi Pede sebagai salah satu cara berinvestasi untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak. Pakai aja Pede Hasil Lebih yang akan memberikan imbal hasil 7% per tahun. Saldonya pun akan terus nambah tiap hari. Cocok banget untuk kamu yang ingin mempersiapkan rencana keuangan jangka panjang seperti dana tambahan pendidikan anak.

3.      Asuransi

      Kamu dan pasanganmu sudah bekerja keras pergi pagi-pulang malam demi keluarga. Namun bagaimana jika tiba-tiba mendadak sakit dan memerlukan perawatan medis atau rawat inap? Wah, pasti sayang banget ya. Tabungan yang sudah lama dikumpulin akan sia-sia kalau habis hanya untuk biaya perawatan.

Ada baiknya kamu persiapkan asuransi perlindungan kesehatan dan perlindungan jiwa. Dua asuransi ini menjadi prioritas wajib yang harus kamu miliki. Untuk asuransi jiwa, kamu cukup buka aplikasi Pede dan belilah Sekoci (Santunan Ekonomi untuk Keluarga Tercinta) Sekoci) dari Pede. Preminya murah banget, mulai dari Rp3 ribuan dengan santunan 50juta. Wow! Cobain yuk…

4.      Dana Pensiun

      Penting juga memiliki dana pensiun sebagai prioritas utama untuk keluarga muda. Dengan mempersiapkan dan merencanakan hari tua akan membuat hidup kamu nantinya mulus seperti jalan tol, bebas hambatan, alias bebas dari kerugian finansial.

      Kamu bisa melakukan persiapan itu dengan investasi reksa dana, menabung emas, atau menaruh modal pada suatu bisnis yang bisa menguntungkan. Memiliki itu semua bisa menjadi private income yang bisa kamu nikmati saat pensiun nanti. Lumayan nih bisa menjadi salah satu penghasilan tambahan untuk membuat usaha, kan?

5.      Kendaraan

Yassss! Membeli kendaraan seperti mobil atau motor sepertinya bisa bantu kamu dan keluarga untuk menghemat pengeluaran. Terlebih jika mobilitas pekerjaan kamu dan pasangan kamu begitu tinggi.

Selain sebagai sarana transportasi keluarga, mobil atau motor juga bisa dipakai untuk kebutuhan harian mengantar anak-anak sekolah atau sekedar mengajak keluarga untuk jalan-jalan. Namun, balik lagi semua itu harus disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu khususnya jika ingin membeli mobil.