Mau Liburan Akhir Tahun? Ini 5 Tips Cerdik Ala Pede untuk Mewujudkannya

Sobat, apakah kamu sudah punya rencana liburan di akhir tahun ini? Hmm, kira-kira destinasi mana yang akan kamu kunjungi? Sebaiknya kamu sudah harus memikirkan hal ini dari jauh-jauh hari.

            Ya, walaupun liburan Natal dan tahun baru masih jauh dari kalender, namun tak ada salahnya lho merencanakannya dari sekarang. Mulai dari mempersiapkan tujuan plesiran, menyusun itinerary perjalanan, dan jangan lupa tentukan juga budget yang kamu butuhkan.

            Jika telah menentukan segalanya tetapi keuanganmu tak cukup untuk liburan, kamu bisa memulainya dengan menabung. Tapi dengan kondisi sekarang sudah dekat akhir tahun, apakah masih bisa menabung? Nah, di bawah ini ada 5 tips perencanaan untuk liburan akhir tahun yang cerdik ala Pede:

1.      Rencanakan dengan Matang

      Kuncian liburan akhir tahun yang seru adalah perencanaan yang matang. Karena liburan akhir tahun adalah liburannya semua orang, sehingga tidak heran bila harga tiket pesawat, bookingan hotel, harga sewa motor/mobil melambung tinggi di musim itu.

      Jadi kamu harus cerdik bersiasat, bila akhir tahun ini kamu ternyata belum merencanakan liburan sama sekali, jangan keburu patah semangat. Masih banyak jalan menuju Roma, Sobat! Layaknya kamu sedang bermain catur, kamu bisa rencanakan liburan dengan dua opsi seru sekaligus.

      Opsi pertama, untuk liburan yang memungkinkan masih keburu adalah destinasi-destinasi yang dekat, atau yang bisa kamu jangkau dengan kendaraanmu sendiri. Bila takut macet dengan bawa mobil sendiri, touring sepeda motor dengan teman tongkronganmu bisa jadi opsi seru. Apalagi diramaikan dengan menu camping.

      Opsi kedua, paralel kamu rencanakan liburan dengan destinasi dekat, alangkah baiknya kamu juga mulai rencanakan liburan di tahun mendatang. Pilihan destinasinya jadi lebih banyak. Kamu pun bisa siapkan sejak dini dengan menabung dari sekarang. Rekomendasi, pakailah Pede Hasil Lebih, investasi ini kasih imbal hasil hingga 7%/ tahun.

2.      Tentukan Tujuan Liburan

      Nah, kalau perencanaan matang dengan banyak skenario kan jadi mudah buat kamu. Salah satunya adalah menentukan destinasi liburan. Jauh dekatnya destinasi tergantung sekali dengan perencanaanmu di awal, namun yang terpenting pilihlah destinasi yang sesuai dengan budgetmu.

      Bila persiapan kurang di akhir tahun ini, tentukan destinasi yang tidak jauh-jauh, yang cukup kamu jangkau dengan kendaraanmu saja. Bila destinasi jauh, akan berdampak pada mahalnya tiket transportasi seperti pesawat atau kereta yang harus kamu beli. Jadi untuk destinasi jauh, terpaksa kamu simpan untuk tujuan liburan di tahun depan.

      Tentukan juga, apakah akan pergi bersama keluarga, teman-teman atau pasanganmu? Hmm, kondisi ini harus kamu rencanakan karena akan mempengaruhi biaya yang akan kamu keluarkan selama liburan nanti.

3.      Buatlah Rincian Biaya

      Sebagai bagian dari rencana, membuat rincian biaya ini juga harus ditentukan sebelum liburan berlangsung. Kamu bisa mengkalkulasi biaya yang dibutuhkan selama berlibur secara detail.

      Kamu harus memikirkan beberapa rincian biaya mulai dari biaya transportasi, penginapan, belanja oleh-oleh, bermain di tempat wisata, hingga biaya aktivitas lainnya yang tidak terduga.

      Jika sudah diketahui berapa biaya total liburan itu, kamu bisa membaginya dengan sisa bulan yang masih ada. Nah, dengan cara ini kamu jadi tahu jumlah uang yang ditabung setiap bulannya. Cara ini akan meringankan tujuanmu mewujudkan liburan akhir tahun.

4.      Menghemat Pengeluaran

      Setelah mengetahui total biaya liburan dan dana yang disisihkan. Kamu harus mulai melihat daftar pengeluaran yang bisa dihemat sampai akhir tahun ini. Pangkas beberapa biaya yang tidak perlu, usahakan mendahulukan kebutuhan primer dibandingkan sekunder apalagi tertier yang umumnya hanya untuk pemuasan gaya hidupmu saja.

      Kamu bisa menghemat uang jajan di kantor dengan membawa bekal sendiri. Masak sendiri di rumah, makan di rumah dan menghindari membeli kopi atau nongkrong sana sini. Dengan begitu, kamu akan bisa menabung lebih banyak untuk liburanmu.

      Kamu juga bisa gunakan beberapa promo dari Pede Payday yang bisa membantumu untuk menghemat pengeluaran bulan ini. Jika kamu bayar tagihan pakai pede, kamu bisa dapatkan cashback 30% maks. 30 ribu. Lumayan kan untuk hemat pengeluaranmu?

5.      Gunakan Promo Liburan

      Kini banyak agen tour dan travel yang menawarkan promo liburan akhir tahun, begitu juga di penyedia situs-situs dan aplikasi booking tiket. Kamu bisa memanfaatkan momen ini sebagai cara menghemat pengeluaran liburan. Dengan promo-promo liburan tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk keperluanmu selama liburan akhir tahunmu.

      Apalagi, untuk pembayaran tiket yang kamu beli di situs dan aplikasi booking tersebut arahkan ke Indomaret. Nah, sesampai di Indomaret bayarlah pakai aplikasi Pede milikmu. Apa untungnya pakai Pede? Eit, kalau bayar pakai Pede kamu bisa sambil Investasi Uang Rech yang kasih imbal hasil hingga 7% per tahun. Nguntungin, kan! Berani coba?