Say Goodbye To Hura-hura! Mending Investasi Emas, Ini Tipsnya

Saat ini investasi semakin dilirik banyak kalangan. Investasi tak hanya bagi mereka yang sudah mapan, tetapi juga bagi karyawan biasa dengan gaji minimalis. Daripada menabung, investasi memang lebih menjanjikan banyak keuntungan dan kemapanan finansial. Salah satu investasi yang saat ini masih hangat dibicarakan adalah investasi emas.

Emas menjadi salah satu pilihan investasi yang dianggap paling aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Bagaimana tidak? Komoditas yang satu ini  memiliki resiko yang rendah dan diklaim lebih aman dari kenaikan harga barang atau inflasi. Selain itu, harga jual dan belinya cukup dinamis mengikuti pasar dalam jangka waktu yang panjang.

Kelebihan emas yang lainnya memiliki likuiditas tinggi sehingga dapat dijual dengan cepat. Hal ini tentu membuat emas menjadi salah pilihan yang tepat bagi banyak kalangan. Namun, tak semua orang mengetahui cara investasi emas yang benar apalagi bagi para pemula. Yuk simak tips kecenya dibawah ini :

1.      Tentukan Tujuan dan Buat Perencanaan

      Yap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Jangan sampai nih sobat kamu hanya beli emas, disimpan lalu dijual sewaktu-waktu.

      Kamu harus memiliki tujuan, misalnya berinvestasi emas untuk biaya pernikahan yang dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, untuk dana pendidikan anak 10 tahun lagi atau  untuk biaya umroh atau naik haji dan masih banyak rencana jangka panjang lainnya.

      Namun yang jelas, dengan memiliki tujuan dan konsistensi yang jelas, Kamu bisa melakukan perencanaan untuk menentukan berapa banyak emas yang harus kamu simpan dan dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

2.      Perhatikan Kemampuan Finansial

Jika ingin berinvestasi harus memulai dengan dana lebih. Bila setiap bulan sudah memiliki surplus (uang lebih) maka kamu berhak untuk mengalokasikan danamu ke dalam investasi. Tujuannya agar dana yang kamu miliki lebih berkembang dan nggak cuma gitu-gitu aja.

Oh ya, jangan sampai kamu mengorbankan seluruh penghasilan kamu untuk mendapatkan keuntungan investasi, apalagi jika rela untuk berhutang. Setidaknya minimal kamu juga memiliki dana cadangan darurat yang memadai sebelum berinvestasi.

Paling tidak kamu telah mempersiapkan dana darurat dengan kesiapan 6-12 bulan pengeluaran sebelum berinvestasi agar bisa menutupi pengeluaran yang tidak terduga.

3.      Perhatikan Waktu Investasi Emas yang Tepat

Jika ingin melakukan investasi emas baiknya kamu harus rajin-rajin memantau harga emas yang paling update di pasaran. Dengan hal ini, dapat mengetahui tren pergerakan emas di pasaran.

Cara ini bisa membantu kamu untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar dapat keuntungan yang optimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika harganya sedang turun dan menjualnya ketika harganya naik.

Emas lebih baik disimpan dalam jangka waktu menengah hingga panjang, seperti lebih dari 5 tahun misalnya. Tujuannya agar bisa mendapatkan hasil manfaat yang optimal.

4.      Pilih Jenis Emas yang Sesuai

Bagi investor pemula disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Investasi yang satu ini lebih menguntungkan dan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan emas dalam bentuk perhiasan.

Selain itu, emas logam mulia memiliki harga jual yang cenderung lebih tinggi. Berbeda dengan emas perhiasan yang harga jualnya cenderung lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya seperti biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model dan adanya penurunan harga.

5.      Pakai Emas Digital agar Lebih Terjangkau

Nah buat kamu yang baru ingin memulai investasi tapi kamu rasa uangnya belum banyak dan tetap ingin investasi emas, cobalah melirik dengan membeli emas digital. Investasi emas digital umumnya memiliki gramatur yang sangat kecil sehingga pembeliannya bisa dimulai dari nominal yang sangat terjangkau. Apalagi, investasi emas digital diklaim lebih aman karena tidak ada resiko kehilangan seperti halnya emas fisik.

Kamu bisa mencoba berinvestasi emas digital di Pede lho sobat! SiManis namanya. Investasi emas ini dapat kamu beli mulai dari 0,01 gram dengan harga yang kompetitif dan menguntungkan tentunya.

Yuk cobain investasi emas digital di Pede sekarang. Caranya mudah, kamu tinggal download aplikasi Pede di sini dan nikmati fitur kece ini tanpa perlu harus upgrade ke Pede Plus. Keren kan! Selamat mencoba‚Ķ