Siapa bilang gaji 5 juta gak bisa nabung? Ini Tips Spesialnya Buat Kamu

Menabung itu memang sulit, apalagi untuk kamu yang masih baru lulus kuliah dan baru mendapatkan pekerjaan. Terkadang, untuk memenuhi batas “gengsi” dari orangtua, ketika awal kerja pasti kamu “rela” menerima gaji berapa saja. Yah… yang penting bisa kerja dan nggak diomongin tetangga, kan? Hayooo benar atau nggak nih, sobat Pede?

Namun, seiring berjalannya waktu ternyata gaji yang kamu terima tidak cukup untuk memenuhi standar kehidupanmu. Alhasil, kamu harus mengocek dana lebih untuk memenuhinya. Hal ini tentunya membuat finansial kamu menjadi berantakan. Penghasilan yang tadinya untuk menabung, kini harus dialokasikan demi kebutuhan lain.  

Belum lagi melihat “fenomena” kesejahteraan teman-teman sejawat. Mereka ada yang sudah bisa membeli rumah, menikah muda, punya tabungan di reksadana, deposito bahkan bisa memiliki jaminan hari tua.  

Wah, pasti tambah pusing yah… ☹ Eits tenang, Sob… walau gaji kamu saat ini 5 juta per bulan bukan jadi alasan untuk tak menabung. Banyak cara kok untuk mempersiapkan masa depan cerah meski dengan gaji seadanya. Mau tahu? Simak tipsnya di bawah ini:

Catatlah pemasukan dan pengeluaran

Hal pertama yang wajib kamu coba adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Tuliskan dalam sebuah notes berapa banyak uang yang kamu dan kamu habiskan dalam 1 bulan.

Setelah itu, rincikan secara urut pengeluaran kamu tersebut. Usahakan untuk memulai pengeluaran dari kebutuhan paling penting hingga kebutuhan yang kurang penting. Dengan begini, kamu bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi beserta jumlah tabungan yang kamu miliki.

Bila dirasa sulit, kamu bisa kok menggunakan aplikasi khusus untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu yang tersedia di Playstore atau Appstore.

Sisihkan uang untuk berbagai keperluan

Sobat, setelah menyusun anggaran pengeluaran dan pemasukan ada baiknya kamu sisihkan uang tersebut untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari 30%, hangout 15%, liburan 15%, asuransi 10%, dana darurat 20% dan investasi 10%. Anggaran-anggaran ini dapat disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan yang ingin kamu capai.

Jika ingin membeli asuransi dan investasi yang murah dan aman, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Pede. Di sana ada  asuransi dan investasi yang menguntungkan bagi kamu yang masih newbie dan ingin coba-coba. Dapatkan premi dengan harga termurah dan investasi dengan imbal hasil hingga 7% per tahun. Tertarik? Download aplikasinya sekarang yuk di handphone kamu. 

Menabung saat hari gajian tiba

Jika Payday tiba, lantas bukan menjadi harinya kamu untuk foya-foya ya, Sobat. Time to save your money first. Yuk mulai usahakan untuk menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung. Jika kamu memiliki gaji 5 juta per bulan, baiknya menabung minimal 10% per bulan.

Jangan pernah sisihkan uang untuk ditabung belakangan karena ini akan membuat kamu tidak jadi menabung. Menabung itu nggak harus banyak kok, kamu bisa sisihkan 10% per bulan dari gajimu. Ingat, ada pepatah mengatakan “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”.

Hindari membuat kartu kredit

Sebagai pekerja kantoran yang masih awal, baiknya hindari pemakaian kartu kredit yang berlebihan dan lebih baik lagi jika tidak usah apply kartu sejak awal. Hal ini dikhawatirkan akan membuat pengelolaan finansial kamu menjadi berantakan. Kecuali memang benar sangat-sangat mendesak dan diperlukan.

Kartu kredit akan membuat kamu lupa daratan dan bisa terjebak hutang dan membuat masalah baru untuk hidupmu sendiri. Hal ini biasa terjadi karena ada anggapan bahwa kartu kredit merupakan uang tambahan. Padahal, pada kenyataannya kartu kredit hanyalah salah satu alternatif untuk bertransaksi. .

Carilah pekerjaan sampingan

Tips satu ini memang menyambung dari tulisan artikel  sebelumnya yang membahas mengenai bisnis atau pekerjaan sampingan untuk pekerja kantoran. Hmm, nggak ada salahnya juga kok untuk mulai mencari pekerjaan sampingan.

Hal ini bisa kamu lakukan jika ternyata kamu belum mencukupi tujuan finansialmu meski sudah mengaturnya sedemikan rupa. Nah… tandanya kamu harus mulai menimbang-nimbang untuk mencari penghasilan tambahan.

Tidak ada salahnya kan untuk membuat usaha kecil di rumah atau sekadar mencari pekerjaan lepas (freelance) di internet. Dari hasil bekerja sampingan itu, kamu bisa mengalokasikan dana lebih untuk ditabung. Gimana, lumayan kan bisa nyicil beliin cincin buat doi yang udah “ngebet” dinikahin?

Sebenarnya persoalan menabung itu bukan dilihat dari seberapa besar penghasilan yang kamu punya kok. Semua kembali kepada niat dan realisasi kamu. Jika kamu sudah memiliki niat untuk menabung demi masa depan yang cerah, kamu harus melakukannya.

Tunggu apalagi, yuk mulai bijak menggunakan uang kamu sejak dini biar masa depan lebih tertata rapi. Selamat mencoba, sobat Pede!