Siapa Bilang Karyawan Ngga Bisa Bisnis? Ini Ide Bisnis Sampingan Ala Pede yang Layak dicoba

Wah, tak terasa ya sudah masuk bulan ketiga di tahun 2020. Udah saatnya mengingat kembali apa yang menjadi resolusi di awal tahun kemarin. Apakah kamu memiliki resolusi untuk menjadi wirausaha? Jika ya, berarti kamu harus membaca tips ini sampai selesai.

            Menjadi seorang wirausahawan/ti itu memang menyenangkan. Kamu bisa memilih jam kerjamu sendiri dengan me-manage usaha sendiri tanpa diatur-atur oleh bos. Dengan berwirausaha menjadikan kamu sendiri adalah bosnya!

            Untuk berwirausaha ini tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan juga oleh seorang karyawan, lho! Yakin seorang karyawan bisa menjadi bos? Bisa banget… Ini ada beberapa ide bisnis atau usaha sampingan yang bisa kamu lakukan walaupun kamu sebagai karyawan kantoran:

1. Bisnis Warkop Sederhana

Ide bisnis sampingan pertama yang dapat kamu coba adalah bikin warkop alias warung kopi. Ngga perlu kamu bikin yang mewah-mewah banget, cukup sesimpel bikin kios kecil sederhana di pinggir jalan. Modal yang kamu butuhkan juga tidak sebanyak membuat warkop berkelas café / menengah ke atas.

Contoh: modal segelas kopi adalah Rp2.000, kamu bisa menjualnya seharga Rp4.000. Selain itu, kamu bisa menjualnya dengan dilengkapi makanan atau minuman lain seperti jus, susu, jahe, teh manis, gorengan dan mie instan rebus atau goreng dengan sistem konsinyasi.

Modal paling besar yang kamu butuhkan adalah menyewa tempat. Carilah kios atau warung yang sesuai budget kamu. Kalau belum ada dana untuk sewa tempat itu, kamu bisa menyicilnya pelan-pelan dengan menabung sekian persen dari gaji kantormu atau dengan skema bagi hasil dengan penyewa tempat.

2.     Menjual Pakaian Murah

Bagi kamu para wanita, jualan pakaian ini bisa menjadi ladang basah yang layak kamu coba. Mengapa? Karena kamu bisa menjual pakaian apa saja yang kamu suka mulai dari model gamis, model jumpsuit, kaos, kemeja, sweater, celana, rok, baju tidur hingga lingerie.

Estimasi modal usaha untuk menjual pakaian murah ini, di tahap awal kamu mungkin bisa merogoh kocek sebesar Rp5 – 10 juta untuk membeli sejumlah pakaian murah secara grosir.

Jangan khawatir, kalau kamu tidak memiliki modal untuk itu. Kamu bisa melakukannya dengan menjual pakaianmu sendiri. Hal ini biasa disebut garage sale atau preloved. Jangan salah, trend satu ini lagi hits banget di dunia maya lho.

Daripada kamu menumpukkan baju-baju yang sudah disentuh di lemari pakaian, lebih baik kamu jual murah. Selain membuat lemari kamu bersih dari pakaian-pakaian yang tidak terpakai, kamu juga bisa dapat untung dari situ. Cakeeeepp kann? Kuy cobain sekarang…

3.     Menjual Aneka Kue

Kamu hobi makan atau ngemil? Yuk salurin hobi kamu itu dengan meraup keuntungan dengan menjual aneka kue misalnya. Kamu bisa menjual kue yang diambil dari pasar tradisional atau pasar kue subuh. Nah, tentunya kamu harus bangun lebih pagi untuk mendapatkan aneka kue di pasar tersebut.

Di sana terdapat aneka kue basah atau kue kering. Kue basah antara lain brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, lupis, apem, arem-arem, onde-onde, kue cucur, dan lain-lain. Kue kering antara lain walnut cream cheesesandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat, dan masih banyak yang lainnya.

Kamu bisa memilih menu makanan yang kamu suka di pasar lalu kamu jual di kantor pagi harinya. Lumayan dong, target pasar kamu sudah jelas  yaitu teman-teman kantor atau karyawan lain yang sedang mencari sarapan. Gimana, tertarik kan?

4.     Jasa Design Grafis

Kalau kamu seorang graphic designer atau menguasai  design grafis, ini adalah kabar gembira untuk kamu meraup keuntungan dari bisnis sampingan. Contohnya, kamu bisa membuat jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth, interior, konten social media dan lain-lain. Kamu bisa juga memanfaatkan pasar desainer online di Indonesia seperti sribu.com dan projects.co.id

Bila kamu jago berbahasa inggris, kamu bisa cobain pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Ini beberapa situs luar yang biasa digunakan para graphic designer  Indonesia : 99design.com, elance.com, dan upwork.com.

Jika bicara modal, kamu hanya perlu mengeluarkan dana untuk internetan dan laptop tentunya untuk  mendesain. Gimana, tertarik nggak jadi penjual jasa desain?

5.     Jasa Penerjemah

Jika kamu seorang karyawan yang mahir  bahasa asing dan hobi membaca, nah ini bisa jadi ladang bisnis kamu untuk membuka jasa penerjemah lepas. Usaha sampingan ini relatif tidak merepotkan karena bisa dilakukan sebelum atau sesudah kerja. Bahkan jika hari libur, kamu bisa optimal menjalankan usaha ini.

Jasa penerjemah lepas bisa dibilang tanpa modal karena kamu hanya memerlukan laptop dan biaya untuk internetan. Kamu bisa memanfaatkan google translate ketika kamu tidak memiliki kamus untuk bahasa asing yang tidak kamu ketahui.

Kamu bisa memulai  jasa penerjemahan  ini di keluarga, teman,  lingkungan tempat tinggal dan kantor atau bergabung di pasar online yang menyediakan jasa penerjemahan. Lalu promosikan kemampuanmu.

Bangunlah sebuah platform seperti website atau minimal buatlah akun media sosial yang memperlihatkan portofolio karya dan hasil terjemahanmu. Dua situs yang bisa kamu coba adalah freelance Indonesia dan sribulancer. Asyik kan, melakukan hobi tapi sekaligus mendatangkan uang!