Tips Jitu Atur Keuangan Buat Kamu yang Boros

Bicara tentang mengatur keuangan itu memang nggak ada habisnya ya, Sobat. Walau memang terdengar mudah, namun sebenarnya sulit untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari lho.

Buktinya, masih ada orang-orang yang merasa sulit dalam menabung apalagi bagi kamu yang boros banget dengan suka belanja ini itu. Padahal mengelola keuangan adalah hal wajib yang dilakukan oleh semua orang yang sudah memiliki penghasilan sendiri.

Toh di lapangan bicara lain. Sebagian dari kita ada saja yang selalu mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan. Meski telah melakukan berbagai cara dan metode untuk mengendalikan keuangan, tetap saja hal ini sulit dilakukan. Lalu apa yang menjadikan mengelola keuangan sepertinya sukar dilakukan?  

Sejatinya, faktor yang membuat seseorang susah mengelola keuangannya adalah karena kebiasaan dan pola hidup yang biasa ia lakukan sehari-hari. Namun kalau ini dibiarkan terus sehingga keuangannya pun berantakan, lantas bagaimana bisa mengatur masa depan lebih cerah?  Nah, biar nggak kejadian di kamu, yuk baca dulu beberapa tips jitu berikut ini!

Susunlah Anggaran Keuangan dalam Sebulan

Yups, apapun tindakan yang kamu lakukan dalam keuangan, hal pentingnya adalah adanya penyusunan dan pematangan anggaran keuangan terlebih dahulu. Mengapa? Karena hal ini akan memudahkan kamu mengatur keuangan.

Susunlah anggaran keuangan yang tepat dan efektif di mana semua pos yang terdapat di dalamnya benar-benar seimbang, sesuai dengan kebutuhan serta kondisi pendapatan  yang kamu miliki.

Anggaran bukanlah sebuah rencana semata, tapi percuma bila kamu tidak pernah menjalaninya sama sekali. Ingat, jangan memaksakan sejumlah anggaran pengeluaran yang berlebihan, sehingga membuat kamu memangkas berbagai pos lain yang tak kalah pentingnya di dalam keuangan. Patuhi dan displinlah melakukan hal ini setiap bulannya.

Menabung dengan Cara yang Menyenangkan

Kamu mau bebas dari finansial sebelum umur 50 tahun, kan? Nah, menabung ini adalah salah satu cara yang ampuh lho. Menabung memang terdengar berat bagi sebagian orang, namun hal ini bagus untuk dilakukan agar masa depanmu lebih tertata rapi.

Menabunglah dengan cara yang menyenangkan, yaitu cobalah menabung dengan cara unik. Yaitu, menabung konsisten denga nominal tertentu, menabung di rekening bank yang tidak memiliki kartu ATM, menabung dalam bentuk emas, ataupun menyimpan uang dengan cara digital seperti Pede Hasil Lebih.

Ingat ya Sobat, apapun metode menabung yang dipilih, jalankanlah dengan teratur dan disiplin. Hal ini akan membantu untuk mengurangi pemborosan terhadap pengeluaranmu.

Mulai Melakukan Investasi

Investasi adalah solusi jitu untuk kamu yang super boros sehingga menjadikan kamu sulit mengelola keuangan. Karena dengan investasi, banyak beragam keuntungan yang bisa kamu sukai. Saat ini, investasi bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan sejumlah dana yang terbilang terjangkau.

Yuk mulai investasi sekarang, agar pendapatanmu tidak selalu habis untuk keperluan yang tidak produktif. Pilih jenis investasi yang tepat misalnya tabungan emas, investasi saham, reksadana atau yang lainnya. Segera investasikan sejumlah pendapatan kamu sesaat setelah gaji cair, sehingga mengurangi niatmu untuk membeli  keperluan yang tidak begitu penting.

Masih bingung atau ragu memulai investasi. Kamu bisa manfaatkan aplikasi Pede untuk jadikan ‘sarana latihan investasi’ kamu. Pakainya mudah, tinggal download, register lalu upgrade ke Pede Plus. Setelah itu kamu bisa pilih beragam investasi pilihan, mulai dari Pede Hasil Lebih, Investasi Uang Receh, hingga investasi emas digital SiManis. Cobain deh, biar nggak penasaran dan rasakan keuntungannya!

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Trik yang satu ini adalah trik lama yang paling ampuh untuk kamu lakukan biar nggak boros.. Yuk mulai berhemat dengan membawa uang tunai secukupnya dan sesuai kebutuhan kamu per minggu

Hindari membawa uang dalam jumlah besar ketika berpergian, bahkan ketika berbelanja sekalipun. Bawalah uang secukupnya sehingga kamu tidak selalu memiliki kesempatan untuk menghabiskannya.

Kontrol Nafsu Belanja

Belanja adalah hal yang menyenangkan kan, Sobat? Apalagi kalau tiba-tiba jalan di mall terus ada diskon atau cashback yang menggiurkan. Wah, pasti rasanya ingin borong semuanya. Tapi biasanya… pulang dari mall langsung pusing setelah lihat uang di saldo tabungan sisa sedikit. Gigit jari deh sampai akhir bulan… gigi satu teruuuss! ☹

Nah, makanya mulailah mengendalikan nafsu belanja, terutama untuk berbagai barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Belajar untuk memprioritaskan membeli barang-barang yang penting dan berguna saja.

Jangan mudah tergoda dengan promo-promo diskon, cashback atau bazaar. . Bijaklah dalam berbelanja dan hentikan pemborosan segera. Ingat, mulailah dengan tancapkan impianmu setinggi-tingginya, kamu ingin sesuatu, kamu mau ke suatu tempat…!  Syaratnya, kamu makin dituntut untuk lebih pintar mengelola pengeluaranmu agar impianmu tercapai!