Udah Gajian Tapi Kebutuhan Tetap Gak Cukup? Coba Cara Ini Aja!

Udah Gajian Tapi Kebutuhan Tetap Gak Cukup?

Coba Pakai Langkah Strategi ini dari Pede

Sebagian orang di tengah pandemi dan PSBB ini mulai “ikat pinggang secara kencang”. Hal ini dikarenakan mau tidak mau mereka harus bertahan dengan strategi pertahanan finansial. Ada yang mulai bisnis sana-sini dengan modal seadanya. Ada pula yang hanya mengandalkan gaji setiap bulan.

Walaupun sudah gajian bagi para karyawan, ada beberapa orang yang merasa masih tidak bisa memenuhi kebutuhannya selama pandemi ini. Alhasil, semua cara dilakukan agar keuangan di rumah tetap bisa jalan. Padahal, bisa saja itu terjadi karena kamu tidak memiliki strategi yang tepat untuk bertahan di situasi yang abu-abu ini.

Nah, dari fakta-fakta di atas ini apakah kamu salah satunya, Sobat? Jika ya, pada artikel kali ini kamu akan mendapati beberapa langkah strategi untuk bisa bertahan di tengah pandemi selama PSBB yang bisa membantu kamu meningkatkan ketahanan finansial. Yuk kita simak tipsnya di bawah ini. Happy reading!

Atur Kembali Arus Keuanganmu

Yuk mulai perlahan-lahan membenahi arus keuanganmu, Sobat. Bisa jadi selama ini kamu memiliki arus keuangan yang buruk hingga membuat kamu tetap tidak merasa cukup dengan yang kamu miliki. Prioritaskan yang paling mendesak seperti misalnya menyisihkan uang untuk membayar rumah, tagihan cicilan, kartu kredit, pangan di rumah, dan lain-lain yang dirasa lebih penting.

Idealnya sih… cicilan dan bunga utang yang kamu miliki maksimal tidak lebih dari 30% penghasilan setiap bulannya. Tips yang satu ini penting agar arus keuanganmu juga tetap terjaga hingga tidak menganggu alokasi kebutuhan lainnya.

Menjaga Uang di Era Digital

Masuk tahun 2000an kita semua sudah hidup di era digital. Semua dapat kita akses dengan mudah dengan digital mulai dari transaksi online, membeli barang, transfer uang, bayar tagihan hingga membeli investasi ataupun asuransi.

            Tentunya hal ini membuat sebagian orang menjadi lebih konsumtif. Kemudahan ini juga memiliki risiko yang dapat membuat uang kamu berkurang atau bahkan hilang. Belum lagi, banyak promo-promo dan diskon dengan modus penipuan yang ujung-ujungnya menguras uang kamu.

            Yuk mulai sama-sama menjaga keuangan kamu di dompet elektronik kamu. Cek secara berkala saldo yang kamu miliki. Laporkan kepada pihak yang berwenang jika menemukan keganjalan pada saldo uang elektronikmu. Ingat #DatamuRahasiamu, jangan percayakan juga akun atau data pirbadi kamu kepada siapapun. Sobat, jangan sepelekan hal ini ya biar kamu terus berhati-hati demi meningkatkan ketahanan finansialmu.

Menjaga Gaya Hidup

Gaya hidup adalah hal yang paling susah dihindari apalagi di era digital seperti ini. Walau hanya #dirumahaja selama PSBB ini, tak menutup kemungkinan kamu tergoda untuk membeli produk-produk online di e-commerce favoritmu. Boleh saja belanja dan menyenangkan diri seperti pepatah YOLO (You Only Live Once), asalkan kamu juga sudah memenuhi kebutuhan wajib terlebih dahulu.

Jangan sampai gaya hidup kamu menjadi boomerang sendiri untuk diri kamu ya, Sobat. Daripada buat foya-foya mending perbanyak menabung dan investasi sana-sini demi ketahanan finansial di masa pandemi gini.

Memiliki Investasi dan Asuransi

Klasik, tapi ini adalah tips yang memang tak bisa dihindari sobat. Dengan memiliki investasi dan asuransi kamu akan merasa hidup aman dan tenang. Cobalah untuk memulai investasi dari hal-hal yang kecil seperti membeli emas online di aplikasi Pede. Bisa beli emas SiManis mulai dari 0,01 gram dengan harga terjangkau.

Selain itu, milikilah asuransi yang bisa menjaga kamu dari risiko masa depan seperti Asuransi Receh dan asuransi Sekoci di aplikasi Pede. Yuk lihat kelebihan dan manfaatnya di sini

Memiliki Keinginan untuk Berkembang

            Di tengah pandemi ini, jangan pernah menjadi manusia yang mager alias males gerak ya sobat. Yuk mulai aktif dan tanamkan skill tambahan demi meningkatkan kemampuan diri kamu di masa depan.

Kamu bisa mempelajari banyak hal setiap harinya sesuai dengan passion dan keinginanmu seperti menggambar, mengedit video-foto, menulis, memasak, dan lain-lain.  Cara ini sebenarnya berguna untuk meningkatkan nilai diri kamu sendiri dan posisi tawar menawar ketika kamu harus mengalami seleksi pekerjaan di sebuah perusahaan. Toh semua ini demi ketahanan finansial kan, Sobat.