Ini Cara Pintar Hemat Pengeluaran Saat PSBB selama Pandemi

Ini Cara Pintar Hemat Pengeluaran Saat PSBB selama Pandemi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II per kemarin (14/09). Sebagian orang mau tidak mau harus bekerja, belajar dan beribadah kembali dari rumah seperti beberapa bulan lalu.  

Tentu dengan adanya PSBB, membuat pengeluaran di rumah jadi lebih irit karena tidak perlu mengeluarkan uang transportasi untuk yang berdomisili jauh dari kantor atau sekolah. Akan tetapi, tak sedikit orang juga yang justru merasa PSBB akan menguras kantong. Sebab, kebutuhan listrik, internet dan makan akan lebih banyak pengeluaran.

Nah di bawah ini ada beberapa cara pintar untuk menghemat pengeluaran saat PSBB selama pandemi. Yuk simak!

1. Hitung Pengeluaran Harian

Belajarlah untuk tidak membeli barang-barang dalam jumlah yang banyak (panic buying). Membuat daftar list belanja setiap hari agar kamu tahu pengeluaran yang dikeluarkan. Usahakan untuk tidak membeli sesuatu yang tidak begitu penting/ urgent seperti baju, celana, skin care berlebihan, sepatu, dan lain-lain.

Perlu kamu ketahui, menghitung pengeluaran harian adalah hal yang wajib dilakukan selama PSBB ini. Seharusnya, masyarakat Indonesia sudah harus pintar me-manage keuangan dan belajar dari PSBB sebelumnya.

2. Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Biarpun sedang PSBB, bukan berarti kamu tidak menyimpan sebagian uang untuk menabung dana darurat. Hal ini penting dikarenakan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang ketika ada kebutuhan mendesak yang tidak bisa dipenuhi dari pengeluaran harianmu.

3. Memanfaatkan Barang Bekas di Rumah

Cara yang satu ini memang sedang trend belakangan ini. Dengan menjual beberapa barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi secara online bisa menjadi alternatif pos pengeluaran uangmu. Kamu bisa menjual beberapa tas, baju atau sepatu yang memang masih layak tapi jarang sekali kamu gunakan.

Tinggal foto barang tersebut, edit tipis-tipis dan post di sosial media kamu atau kamu bisa menjualnya di platform e-commerce favoritmu. Coba yuk sekarang cek, apakah ada barang bekas di rumah yang bisa dijual dan menghasilkan pundi-pundi uang?

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Walau pandemi, bukan menjadi penghalang bagi kita untuk mencari penghasilan tambahan. Jika kamu tidak memiliki modal untuk berjualan, kamu bisa menggunakan sistem reseller atau drop shipper secara online yang akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Jika kamu seorang wanita, kamu bisa mencoba jualan skin care ala-ala jaman now seperti serum anti aging, masker muka dan tubuh, essense, moisturizer, body scrub, hair mask, lulur dan lain-lain. Ada banyak referensi yang bisa kamu dapatkan dengan mencari di internet.

5. Jangan Lupa Investasi

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan adalah berinvestasi. Jangan pernah lupakan tips yang satu ini ya, Sobat, karena suka tidak suka cara inilah yang paling aman untuk memastikan kebutuhan terpenuhi. Selain bisa menambah aliran pemasukan, berinvestasi juga bisa menguntungkan kamu.

Kamu bisa mencoba menyimpan sebagian uangmu di instrument reksa dana dan emas online. Tenang, sekarang di aplikasi Pede telah menyediakan Investasi Uang Receh yang akan memberikan imbal hasil 7% per tahun dengan menabung mulai dari kelipatan Rp5 ribu. Selain itu, ada pula Investasi Emas Digital yang bisa membantu kamu untuk berinvestasi emas mulai dari 0,01 gram dengan harga terjangkau. Jangan tunda lagi, buka aja aplikasi Pede sekarang!