Asyik, Musim Hujan Sudah Lewat
Yuk, Saatnya Ajak Teman-Temanmu ke Pantai!

            Masuk bulan Juni, menjadi bulan mengawali musim kemarau, setelah 3 bulan sebelumnya kita dirundung musim pancaroba dengan hujan yang susah kita prediksi kedatangan dan volumenya. Nah, bulan ini juga jadi pertanda bahwa kamu sudah bisa lagi bermain ke pantai!

            Tepat banget di tanggal 8 Juni minggu ini, dunia merayakan Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day, di mana hari itu PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) mengingatkan kita akan pentingnya kelestarian laut bagi seluruh umat manusia di dunia. Ini jadi sekaligus pengingat, saat kamu bermain di pantai, agar selalu menjaga kebersihan & kelestarian alamnya ya, Sobat!

            Untuk itu, melalui tulisan ini, Pede ingin memberikan 5 tips praktis biar liburan di pantaimu lebih seru dan tentu tak terlupakan. Apa saja? Baca saja deh… 😊

  • Perencanaan destinasi & itenary yang matang

     Pasti banyak di antara kamu, sampai hari ini, masih bingung saja untuk merencanakan liburan ke pantai. Semua biasanya dilandasi ‘blank’ alias banyak yang belum tahu apa saja yang harus disiapkan. Betul?

      Sebetulnya, bila kamu sudah sekali saja pernah liburan di suatu pantai, kamu pasti langsung mudah mengerti untuk merencanakan liburan ke pantai di waktu selanjutnya. Kunciannya adalah tentu informasi. Untuk itu, biar kamu nggak bingung apalagi takutnya malah nggak maksimal liburan di pantainya, ada baiknya kamu rajin-rajin browsing dulu.

      Utamanya biar kamu mendapatkan referensi destinasi yang lengkap dulu. Biar apa? Tentu biar kamu ke suatu destinasi liburanmu jadi maksimal, tidak mondar-mandir itenarynya dan banyak tempat yang kamu sambangi.

      Cara mudah dan bebas ribet tentunya dengan menyerahkan itu semua ke teman kamu yang mau mengatur liburan ke pantai ini bila dilakukan bersama teman-temanmu. Bila tidak, kamu bisa saja percayakan dan ikut suatu komunitas yang memang hobinya bermain ke pantai, yang mudah kamu cari di Instagram.

      Tapi ingat, walaupun ramai-ramai, tetap selalu ingat protocol kesehatan. Konsisten untuk selalu physical distancing satu sama lain, cek dulu kondisi kesehatan dengan swab test antigen atau genose, dan selalu konsumsi supplement & vitamin agar tubuh selalu sehat & fit.

  • Jangan lupa selalu bawa sunblock & after sunburn cream

     Selain harus selalu bawa supplement dan vitamin biar kamu selama di jalan senantiasa sehat dan daya tahan tubuh prima, ada lagi yang tidak boleh ketinggalan selama kamu di pantai. Yaitu sunblock dan sunburn cream.

      Sunblock tentunya berguna sekali untuk melindungi kulit kamu. Utamanya dari terjangan panas matahari yang bikin kulit kamu iritasi hingga gosong terbakar. Ada takarannya yang harus kamu perhatikan, yaitu SPF atau Sunburn Protection Factor.

      Nilai pada SPF adalah waktu pengali terhadap kekuatan kulit kamu terbakar. Contoh, dengan SPF 30, artinya kulit kamu yang biasa gosong bila disinari matahari selama 10 menit, maka dengan SPF 30, kulit kamu baru gosong dalam takaran waktu 30×10 menit. Namun, angka ini hanya estimasi saja, dengan kondisi aktual bisa kurang dari itu.

      Untuk kebutuhan kamu di pantai, SPF 30 sudah cukup karena diklaim bisa melindungi kulit hingga 97%. Namun bila masih membutuhkan perlindungan ekstra, SPF 50 jauh lebih melindungi dengan efektivitas 98% lebih melindungi.

      Selain sunblock, yang tidak kalah penting untuk dibawa adalah after sunburn cream atau krim antiflamasi. Krim ini berbahan dasar dari aloevera atau lidah buaya. Dipakainya sesaat setelah kamu terjemur panas matahari di pantai dengan mengoleskan ke seluruh tubuh. Kulit yang tadinya berasa panas, akan didinginkan oleh krim ini, dan bila tepat memakainya, kulit kamu jadi terhindar dari gosong karena terbakar.

  • Awas jangan salah bawa kostum, alas kaki, perlengkapan lainnya

     Untuk kebutuhan seru-seruan bareng teman kamu, keseragaman kostum adalah salah satu liburan di pantaimu lebih seru. Biasanya dengan mudah kamu dan teman-temanmu tentukan dengan kesamaan warna. Lainnya tinggal disamakan dengan aksesori tambahan seperti kacamata atau topi.

      Yang tidak kalah pentingnya juga kelengkapan kamu saat bermain pantai. Awas, jangan lantas pingin gaya eh kamu bawanya sneaker atau sepatu mahal. Selain nggak nyambung, sayang banget sepatu dibawa ke pantai, jadi rusak Bray & Sis! Hehehe.. Sandal jepit cukup, atau bila memungkinkan, sandal gunung sudah cukup bagus. Yang penting, bisa melibas pantai berkarang tajam atau yang banyak bulu babinya.

      Selain itu, kelengkapan untuk kamu menyelam dalam pantai pun harus diperhatikan. Bawa baju berenang yang memadai. Kalau kamu bermain snorkling, disarankan bawa alat snorkle sendiri mengingat pandemi Covid-19 masih ada. Kalau kamu juga bermain diving atau menyelam, pastikan alatnya dibawa lengkap dan berfungsi dengan baik.

  • Pastikan perlengkapan foto-foto kamu memadai

     Untuk yang satu ini, tentu wajib. Zaman sekarang buat apa liburan kalau kamu tidak bisa foto-foto di sana. Betul? 😊 Nah, untungnya era sekarang, kamu tidak perlu repot-repot membawa kamera bagus seperti jenis DSLR (digital single lens replector). Kamera dari hape atau smartphone kamu saja sudah cukup!

      Hanya saja, kamu harus memastikan, karena medan yang kamu jelajah ini adalah pantai, tentu hape kamu harus aman terlindung dari air. Syukur, bila memang hape kamu sudah berspesifikasi yang tahan air dengan label IPxx. Bila belum, pastinya kamu haru membeli sarung hape tahan air yang bisa kamu pakai untuk berendam.

      Iya, semua ini tentu biar kamu bisa mengabadikan momen seru liburanmu di pantai, biarpun itu di dalam air. Biar hape kamu mendapat perlindungan lebih saat liburan basahmu itu, baiknya kamu beli Asuransi My Gadget di aplikasi Pede, cukup beli dengan Rp100 ribu kamu bisa dapat perlindungan hingga Rp5 juta per tahun. Mayan, kan?

  • Biar nggak panik di jalan, sediakan bekal makanan secara cukup

     Tidak kalah penting, bila poin-poin di atas sudah terpenuhi semua adalah bekal makanan saat kamu liburan di pantai. Buat kamu yang cowok-cowok, sepintas, hal ini ribet sehingga kamu bisa saja memilih untuk membeli saja di tempat sana.

      Tapi ingat, belum tentu pantai-pantai yang kamu kunjungi itu segalanya ada, sehingga belum tentu juga banyak warung makan di sana. Belum lagi karena Covid-19, pandemi ini menuntut kamu harus benar-benar berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Untuk  itu, minimal kamu membawa alat makan sendiri, tapi lebih baik lagi, makanan juga kamu bawa sendiri.

      Makanan apa saja yang baiknya kamu bawa sendiri, pilih yang tidak mudah basi tentunya. Pilihan makanan instan menjadi pilihan tepat. Kamu bisa temui banyak pilihannya di Indomaret atau Alfamart. Jadi, sudah jelas kan, sebelum kamu pergi ke pantai, belanja selengkap-lengkapnya dulu di Indomaret/Alfamart terdekat. Yuk ah…