Kembali #DiRumahAja Lagi? Jangan Bosan Gaes!
10 Hobi ini Lebih Seru Dijalani Bareng Keluargamu

            Sudah hampir genap 17 bulan pandemi Covid-19 belum juga mereda. Malah yang ada sekarang merebak Covid-19 ‘kiriman’ India yaitu Varian Delta dan semua harus kembali waspada biarpun kamu sudah mendapatkan vaksin. Semua kembali PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala mikro, membatasi aktivitas dengan #DiRumahAja.

            Kerja pun kembali dari rumah saja, kegiatan di luar hanya untuk perlu saja, seperti belanja kebutuhan pokok. Abaikan ajakan teman untuk berkumpul atau reuni, karena sudah banyak kasus di sekitar kalian yang kena Covid-19 justru dari cluster keluarga, reuni, silaturahmi, arisan, hingga mudik.

            Jangan keburu turun semangat dulu, Sobat! Masih banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan #DiRumahAja, beberapa di antaranya dengan hobi-hobi yang bisa kamu lakukan bareng keluarga. Apalagi pas nih, tanggal 29 Juni ini juga diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional, lho! Ayo rayakan bersama dengan keseruan 10 hobi keluarga berikut ini!

Bercocok tanam/berkebun

          Buat kamu yang cowok, jangan mencibir dulu dengan hobi ini. Hobi bercocok tanaman atau berkebun cocok kok buat siapa saja, buat hanya untuk kaum hawa atau ibu-ibu. Kamu pun bisa menikmati hobi ini, malah beberapa kisah sukses yang ada, bisa dijadikan bisnis sampingan lho.

            Iya, pilihan bercocok tanaman bukan melulu jenis bunga atau tanaman hias, seperti yang pernah Pede paparkan di artikel ini. Kamu juga bisa pilihan tanaman eksotis lainnya, seperti tanaman anggur, strawberry, bonsai dan banyak lagi. Kamu bisa tekuni hobi ini bareng keluargamu, pasti bakal seru. Karena akan banyak pembagian tugas yang bisa kamu lakukan!

Bermain Musik

          Untuk hobi yang ini mungkin nggak banyak ya di antara kamu yang bisa melakukannya, karena nggak semua orang bisa bermain musik. Tapi bila kamu salah satu yang bisa bermain musik, lebih seru hobi ini dilakukan bersama keluargamu.

            Kamu bisa berkreasi menyanyikan lagu apapun terus dinyanyikan bersama keluargamu. Saat bernyanyi bersama ini bisa kamu rekam dan bagikan videonya di media sosial, tuh lumayan jadi konten bukan? Bila alat musik terbatas, tenang, ada aplikasi yang seru buat nyanyi bareng keluargamu, seperti Smule!

            Bila menyanyikan lagu orang lain bukan lagi tantanganmu, berdiam diri di rumah lebih seru juga bila kamu gunakan waktunya untuk menciptakan lagu lalu kamu nyanyikan bersama keluarga. Untuk merekam lagumu, kamu bisa baca dulu artikel Pede sebelumnya di sini. Bila jadi, karya lagumu bisa kamu bagikan deh di YouTube atau portal audio streaming. Seru, kan?

Berolahraga

          Hobi yang dibutuhkan saat kamu berdiam di rumah tentu adalah dengan berolahraga. Olah raga yang bisa kamu jalankan di rumah, opsinya banyak, bisa mini-gym dengan bermain dumbbell atau gerakan fitness seperti push up, pull up, dan lain-lain. Tapi itu kan sendiri, kurang seru Sobat, lebih asyiknya kalau kamu ajak keluargamu juga.

            Coba ajak mereka untuk bersenam aerobik atau yoga bersama. Pasti ini seru banget! Untuk pemandunya, kamu tidak perlu cari orang lain, cukup buka YouTube dan carilah video-video panduannya, banyak pilihannya! Pastikan tentunya paket data internetmu cukup, bila habis, belinya pakai Pede dong, karena ada promo-promo menarik untuk kamu, cek deh.

Bersepeda

          Untuk olahraga yang satu ini memang menuntuk harus keluar rumah. Kalaupun bisa dilakukan di dalam rumah, kamu harus punya sepeda statis. Nah, hobi yang satu ini telah menjadi hobi favorit selama pandemi Covid-19. Karena dengan bersepeda, kamu bisa beraktivitas di luar rumah tanpa harus berkerumun dan masih bisa menjaga jarak.

            Bila kamu tetap ingin bersepeda di saat pandemi belum juga usai ini, pastikan kamu menggunakan masker dengan benar diikuti protokol kesehatan yang harus kamu jalankan. Bila mau sepeda ramai-ramai, jangan ajak orang lain, baiknya kamu bersama keluargamu saja. Selain lebih aman dari penularan virus, bersepeda dengan mereka nggak kalah seru kok.

            Pastikan waktu yang kamu tentukan untuk bersepeda bukan di jam-jam yang ramai. Bila di weekend tiba dan jalanan ramai, lebih baik tunda dulu keinginan bersepeda itu. Kecuali kamu menemukan spot atau area yang tidak ramai dengan orang lain, seperti pinggiran desa dengan hamparan sawah, komplek perumahan terdekat, dan lain-lain.

Memasak

          Sama halnya dengan bercocok tanaman, memasak juga bisa kamu lakukan, biarpun kamu berjenis kelamin cowok. Hobi memasak itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Cobalah bereksperimen menu masakan yang sehat, tentu yang mendukung peningkatan kekebalan tubuhmu.

            Jadi jangan melulu menu daging-dagingan saja, tapi cobalah bereksperimen menu masak bernuansa sayur-sayuran. Bisa juga mencoba menu-menu herbal atau organik. Sesekali kamu bisa bereksperimen membuat kue-kuean. Semua ini lebih seru kalau kamu libatkan keluargamu, atur pembagian tugas biar hobi masak ini jadi hobi yang ringan.

Menonton Film

          Saat sering di rumah, menjadikan frekuensi kamu menatap layar pun makin sering, termasuk melihat televisi. Sayangnya, acara televisi itu lagi itu lagi, belum bila kamu pindah ke kanal TV berita, isinya pengulangan semua. Kamu dan keluargamu pun cepat bosan dan butuh hiburan. Pelariannya pun asyik sendiri-sendiri melihat layar hape. Duh…

            Kebersamaan jadi hilang kalau semua pada asyik dengan hapenya masing-masing. Biar itu terjadi makin parah, ayo ajak keluargamu untuk menikmati tontonan film secara bersama. Caranya, ya manfaatkan layar TV menjadi layar bioskop. Tapi kan TV-mu LCD biasa? Tenang Gaes…

            Kamu cukup beli Android TV box yang harganya berkisar di Rp500 ribuan yang bisa kamu beli di portal e-commerce atau marketplace langgananmu. Koneksikan TV box ini ke HDMI dan jaringan internet WIFI rumahmu, bila tidak ada, tethering pakai hapemu. Lalu kamu berlangganan deh portal film-film favoritmu.

            Film-film yang biasa kamu tonton di hape, bisa pindah ke TV LCD di ruang keluarga. Kamu pun bisa ajak keluargamu menonton bersama. Tinggal tentukan film apa yang mau ditonton bersama, pasti seru. Cobain saja sekarang, Sobat.

Main Video Game

          Hobi nge-game juga tidak kalah seru dengan hobi-hobi di atasbila kamu mainkan bersama keluargamu kok. Terlebih kalau kamu punya konsol game sendiri, seperti Nintendo, Sony Playstation hingga Microsoft Xbox. Kamu bisa pilih game berjenis arcade biar bisa berkompetisi langsung dengan keluargamu.

            Bila kamu tidak punya konsol game, aplikasi game di dalam hape pun bisa jadi pilihan. Caranya bisa ajak keluargamu untuk masuk ke dalam klan di dalam game lalu bersama-sama menuntaskan sebuah campaign game. Atau bisa juga dengan kamu pilih game berjenis permainan papan secara virtual, itu juga tidak kalah serunya kok!

Kerajinan Tangan

          Untuk hobi yang satu ini tentu butuh ketelatenan atau keuletan kamu. Mungkin yang lebih banyak menyukai hobi ini adalah kamu yang cewek. Pilihannya pun bisa jatuh ke kerajinan merajut, menjahit, menghias dengan bunga, dan lain-lain.

            Tapi buat kamu yang cowok, tidak perlu khawatir. Hobi kerajinan tangan banyak juga yang cocok buat cowok. Pilihan bisa ke kerajinan keramik atau tembikar, mematung, memahat, hingga kerajinan kayu (wood crafting) yang juga tidak kalah seru bila kamu lakukan bersama keluargamu. Yang penting, pastikan kamu punya alat-alatnya yang memadai ya.

Pelihara Hewan

          Salah satu fenomena unik di saat masih mewabahnya pandemi Covid-19 ini adalah hobi pelihara heman makin jamak dilakukan oleh orang-orang. Lihat saja, tiba-tiba budidaya ikan Cupang dan ikan-ikan hias lainnya kebanjiran order selama pandemi ini. Fenomena ini pasti terjadi juga di diri kamu bukan?

            Nah, hobi pelihara hewan di rumah juga alangkah baiknya menjadi hobi yang sama-sama kamu lakukan bareng keluarga. Selain biar lebih seru, juga biar bisa menjaga hewan peliharaan ini tumbuh dengan baik, sehat dan bebas dari stress. Ini berlaku buat kamu yang hobi piara ikan, burung, kucing hingga anjing.

Permainan Papan

            Yang terakhir ini juga tidak kalah seru. Permainan papan saat ini memang sudah bisa kamu mainkan dari hapemu saja. Tapi lebih seru kalau kamu mainkan bareng keluarga di rumah.

            Pilihan permainan banyak, kamu bisa ajak keluargamu bermain dari yang paling mudah hingga yang sulit. Seperti ular tangga, ludo, monopoli, catur, scramble, hingga permainan papan yang diadaptasi dari film-film aksi. Momen family time yang seru dan berharga ini pun bakal mudah tercipta hanya dengan bermain permainan papan ini bersama.