Mau Berkarya dengan Musik? Baca Artikel Ini!
Biar Kamu Bisa Bikinnya dari Rumah Saja

            Masa pandemi bisa menjadi masa ‘layu’ untuk para pekerja seni musik di mana pun berada. Banyak penyanyi yang ‘menjerit’ mana kala pendapatan mereka berkurang drastis karena konser tidak diperbolehkan karena potensi pengumpulan masa.

            Toh, pemerintah tidak tinggal diam. Melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) nomor 56 tahun 2021, karya musik yang telah didaftarkan ke LMKN  (Lembaga Manajemen Kolektif Indonesia) berhak mendapatkan bayaran royaltinya manakala musiknya digunakan untuk aktivitas komersial di sebuah even, restoran, mall dan lain-lain.

            Baru saja dunia merayakan Hari Musik Internasional pada tanggal 21 Juni, di mana 39 tahun lalu Summer Solstice sebagai Festival Musik Fete de La Musique digelar sekaligus dideklarasikan hari penting untuk musisi dunia. Hari itu seharusnya bisa dijadikan momentum agar musisi dunia, juga di Indonesia bangkit!

            Nah, semangat ini harusnya juga bisa menular ke kamu, khususnya buat kamu yang memang penggila musik. Era digital saat ini memudahkan siapapun bisa bikin musik. Tidak perlu lagi studio rekaman dengan sewa yang mahal. Kamu bisa berkreasi musik cukup dari laptopmu saja, bahkan bisa juga dari hapemu! Apa saja aplikasinya, cekidot Sob!

Audio Evolution Mobile Studio

            Bayangkan, era sekarang memungkinkan kamu bisa bikin musik cukup dari hapemu saja. Salah satunya dengan aplikasi Android ini, yang dilansir oleh exStream Software Development. Tersedia di Google Play Store dengan 2 versi, pertama versi trial, tentunya gratis, sedangkan versi kedua berbayar dengan harga mulai Rp99.000.

            Aplikasi ini memiliki bejibun fitur yang tidak kalah dengan perangkat lunak yang ada di personal computer (PC) seperti di laptop Windows atau MacOS kamu. Sayangnya, versi berbayar ini menuntut kamu untuk membeli berdasarkan item fitur yang kamu pakai.

            Toh, untuk bayarnya, kamu tidak perlu pusing lagi, bayarnya diberikan banyak pilihan, bisa di Indomaret, Alfamart, atau bisa dengan pulsa yang kamu beli dari aplikasi Pede. Apalagi sekarang Pede banyak promo cashbacknya yang bisa kamu cek di sini ya, Gaes.

            Kalau kamu mau coba-coba, baiknya kamu cobain yang versi TRIAL dulu. Perbedaannya apa dengan versi berbayar? Yaitu ini, Sobat;

  • Alokasi proyek dibatasi hanya 3 trek
  • Mixdown dibatasi hingga 45 detik
  • Perekaman dan pemutaran berhenti setelah 2 menit (45 detik untuk audio USB)
  • Aplikasi akan berhenti setelah 20 menit

            Yang seru dari aplikasi ini adalah adanya 25 efek spesial, yang terdiri dari chorus, delay, hingga noise gate, berbagai efek audio tersebut bisa dipilih dalam proses mixing, MIDI sequencing, automated mixer, hingga impor file audio dalam berbagai format. Aplikasi ini sudah banyak dipakai oleh para musikus indi, tutorialnya bisa kamu browse di YouTube. Tertarik, download aplikasinya di sini.

Caustic 3

            Masih sama dengan Audio Evolution, Caustic 3 juga tersedia di Google Play Store alias tersedia buat kamu pengguna hape Android. Aplikasi lebih mirip synthesizer asli dengan ragam sampel audio untuk mulai membuat musik kreasi sendiri. Terdapat 14 pilihan efek synthesizer yang bisa dipilih. Mulai dari beatbox, modular, hingga PCMSSynth dapat dipakai dalam Caustic 3.

            Di setiap opsi tersebut didukung adanya dua macam special effects yag bisa dipakai sesuai keinginan dengan pilihan efek hingga 20 jenis efek. Selain itu, aplikasi ini juga didukung mixer dengan efek Delay/Reverb global, master dengan EQ parametrik dan pembatas, juga pengurut lagu. Mau Cobain? Download aplikasinya di sini.

Chordbot

            Masih buat kamu yang nggak bisa beranjak dari hape, ada lagi nih aplikasi buat hape Android-mu untuk bermain musik, namanya Chordbot. Kamu bisa membuat musik maupun memainkan progresi chord yang sederhana hingga kompleks melalui aplikasi yang tampil sederhana ini.

            Chordbot juga dapat kamu pakai untuk bereksperimen dengan progresi chord tanpa memakai instrumen apapun. Bisa pula kamu pakai untuk mengaransemen lagu baru ataupun yang sudah tersedia dengan ragam pilihan instrumen. Hebatnya lagi, Chordbot menyediakan lebih dari 60 jenis chord. Ah baiknya kamu cobain saja aplikasinya di sini.

Music Maker JAM

            Buat kamu penggunakan perangkat Android, ada lagi nih aplikasi favorit untuk membuat lagu, yaitu Music Maker JAM. Di aplikasi ini, kamu bisa membuat audio track sendiri dengan bebas. Kamu bisa bikin ribuan loop, beat dan sample sebagai langkah awal untuk berkreasi lagu sendiri.

            Music Maker JAM menyediakan berbagai macam genre musik yang bisa dipilih, mulai dari jazz, hip hop, hingga dubstep sekalipun. Di samping itu, ada mixer 8 channel dan berbagai efek lain yang bisa digunakan untuk keperluan music composing.

            Serunya lagi, setelah musik buatanmu selesai, hasil musik kamu bisa langsung kamu bagikan ke para pendengar di seluruh dunia lewat aplikasi ini. Mau install aplikasinya, klik aja tautan ini, gratis cuy tapi ingat di dalamnya ada beberapa fitur yang aktif bila kamu beli.

FL Studio Mobile

            Buat pembesut musik indi, pasti sudah mengenal software ini, namanya FL Studio. Tersedia dua versi yaitu untuk di hape Android ada FL Studio Mobile dan ada yang buat PC yaitu FL Studio. Dengan FL Studio mobile memungkinkan penggunanya membuat dan menyimpan berbagai macam proyek musik dalam tablet maupun hape Android.

            FL Studio Mobile punya beragam fitur, kamu bisa merekam, edit, mix maupun melakukan render terhadap musik yang telah selesai digarap. Ada juga fitur synthesizer dengan kualitas tinggi, dukungan terhadap file MIDI, hingga ragam contoh musik dengan beragam macam efek suara yang bisa dipakai.

            Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis, kamu harus membelinya mulai Rp39.000. Mau intip aplikasinya, klik di sini saja.

FL Studio

            Bila kamu sudah suka dengan FL Studio Mobile, pasti akan langsung jatuh hati dengan versi PC-nya. Karena kamu bisa berkreasi lebih, gampang dipakai dan apalagi memiliki antarmukanya yang simpel dan user friendly, pas banget untuk pemula.

            Kamu akan bisa menggunakan fitur MIDI keyboard dan merekam suara melalui mikrofon. Lalu bisa dilanjutkan dengan mixing dan editing standar. Bukan hanya itu, kamu dapat mencoba menggunakan berbagai paduan kick, snare, hat dan clap untuk membuat beat pertama.

            Sama dengan versi mobile-nya, FL Studio versi untuk PC ini adalah berbayar. Tapi kamu masih bisa kok download versi trial-nya. Penasaran mau coba install di PC-mu, klik link berikut ini.

GarageBand

            Kalau tadi banyak bicara perangkat Android, buat kamu yang pakai device iOS seperti di iPhone atau iPad atau MacOS di Macbook atau iMac pasti sudah familiar dengan aplikasi GarageBand. Aplikasi untuk edit suara dan musik yang sangat mudah dipakai dan tentunya menyenangkan.

            Antarmuka GarageBand versi mobile dengan komputernya tidak jauh berbeda. Dengan versi mobile, aplikasi GarageBand mengubah perangkat iOS milikmu menjadi sekumpulan alat instrumen sekaligus studio rekaman yang memungkinkan untuk dijadikan wadah pembuatan musik.

            Di versi mobile, terdapat banyak fitur dan virtual instrument yang dapat dioperasikan dengan gestur multi-touch layaknya profesional. Untuk menambahkan elemen vokal, kamu bisa merekam suara melalui mikrofon dari perangkat dengan berbagai sound effect dan sampler. Penasaran? Buka aja device Apple-mu, biasanya secara default sudah terinstall bila belum, kunjungi websitenya di sini.

Hydrogen

            Buat kamu yang maunya gratisan, jangan khawatir Bray & Sis…. Ada aplikasi untuk bikin musik buat PC-mu nih yang gratis, yaitu Hydrogen. Aplikasi ini bersifat open source yang dapat di-install di komputer Windows, MacOS, hingga Linux.

            Seperti halnya yang sudah dibahas di atas, Hydrogen juga memungkinkan pengguna untuk membuat musik yang terdiri dari berbagai macam instrumen, utamanya drum kit. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan ragam alat, seperti Mixer, Instrument Rack, Sound Library, dan sebagainya.

            Format audio yang dapat dihasilkan memiliki banyak pilihan format, mulai dari MIDI, WAV, hingga FLAC. Penasaran mau kamu coba? Downoad aja aplikasinya di website ini.

LMMS

            Seperti halnya Hydrogen, ada lagi ini Sob aplikasi gratisan untuk edit musik buat PC-mu, yaitu LMMS. Aplikasi ini juga tersedia di platform Windows, MacOS dan juga Linux. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat musik baru, membuat beat hingga mengedit musik.

            Di dalamnya terdapat beberapa pilihan editor musik yang dibarengi dengan pilihan plugin. Uniknya, setiap plugin ini mengusung antarmuka sendiri untuk memudahkan penggubahan musik sesuai keinginan pengguna. Kalau kamu mau coba, dapatkan aplikasinya di tautan ini.

Sonar

            Untuk aplikasi yang satu ini, khusus buat kamu pengguna computer Windows. Fiturnya sudah bisa dibilang untuk kamu yang sudah masuk ke level pro. Aplikasi yang diproduksi oleh CakeWalk ini memiliki 11 pilihan instrumen dan 27 efek audio yang bisa dipilih di dalamnya. Antarmukanya juga tergolong clean sehingga penggubahan musik menjadi semakin mudah.

            Sayangnya, aplikasi ini tidak ada versi gratisannya. Tapi tenang, ada versi TRIAL-nya yang bisa kamu dapatkan di tautan ini. Selebihnya, kamu coba-coba, apakah aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan musikmu apa tidak.