Pede Jauhi Narkoba dengan 5 Cara Mudah ini!

            Tepatnya tanggal 26 Juni ini, dunia memperingati Hari Anti Narkoba Internasional, yang telah dicanangkan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) sejak tahun 1988. Latar belakang dipilihnya tanggal 26 Juni tersebut mengacu pada tanggal bersejarah China memenangi perang melawan perdagangan opium yang dipimpin oleh Lin Zexu.

            Lantas dampaknya untuk kita apa? Tentu banyak. Dunia makin maju dan sehat bila semua warganya jauh dari narkoba. Jauh dari dampak buruk ke kesehatan sesorang, jauh dari dampak buruk pada sosial hingga jauh dari dampak buruk terhadap masa depan anak-anak dunia, termasuk Indonesia.

            Narkoba adalah zat atau obat yang terbuat dari bahan alami atau sintetis yang bisa menyebabkan penggunanya mengalami ketergantungan dan kecanduan. Dehidrasi, halusinasi, menurunnya tingkat kesadaran serta kematian, hanyalah segelintir dampak negatif atau bahaya dari penggunaan narkoba.

            Melihat dampak yang super bahaya dari narkoba, maka sudah pasti kamu harus jauh dan sangat jauh dari penyalahgunaan narkoba. Semua itu demi diri kamu sendiri, Sobat, juga demi kebaikan keluarga dan lingkungan tercinta kamu. Lantas, bagaimana cara agar jauh dari narkoba? Pede mengintisarikan dari berbagai sumber, berikut ini caranya!

Kenali dulu bahaya narkoba

            Modal dasar kamu bisa terhindar dari bahaya narkoba adalah dampak buruk dan bahaya. Kamu bisa tonton YouTube mengenai korban-korban pengguna narkoba dan simak dampaknya pada kesehatannya juga cerita seputar penyesalannya.

            Ingatlah bahwa narkoba itu akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever dan sebagainya. Belum lagi karena sifatnya candu, narkoba juga akan merusak moral kamu, yang tadinya pribadi baik-baik menjadi sosok pembohong dan pencuri karena badan kamu digelayuti zat candu yang memaksa kamu terus mengkonsumsi narkoba!

            Hal ini menjadi penyalahgunaan obat-obat terlarang ini bisa menyeret kamu ke dalam masalah yang lebih pelik, seperti terjerat kasus hukum, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan, masalah medis, dan bahkan yang paling parah: kematian!

Bijak dalam bergaul

            Terkadang, setan narkoba ini justru datang dari lingkaran pergaulanmu. Awalnya bisa jadi sekadar bercanda, lalu coba-coba, tiba-tiba menjadi ajang solidaritas yang kebablasan hingga akhirnya kamu pun terjerat. Amit-amit, Sobat! Jauh-jauh ya!

            Jangan pernah buka ‘kotak pandora’ narkoba ini, jangan anggap larangannya menjadi gengsi tersendiri buat kamu biar terlihat lebih ‘keren’ dibanding teman-temanmu. Jangan pula karena kamu ikut-ikutan idola, kebiasaan narkoba ini jadi gaya hidupmu. Ingat, narkoba itu racun. Sekali kamu konsumsi, biarpun sedikit, nyawamu dalam ancaman.

            Untuk itu, jangan takut kamu kehilangan teman bila kamu hadapi tipe-tipe teman yang menjerumuskan ke setan narkoba ini. Jadilah pribadi manusia yang punya prinsip kuat. Jangan mau goyah ketika diiming-imingi. Lawan dengan tegas menolaknya. Okay, Sobat!

Apapun masalahnya, hadapi dengan akal sehat

            Biasanya masalah atau problematika hidup jadi alasan seseorang terjerat penyalahgunaan narkoba. Masalah ini yang akhirnya menyeret kamu ke lembah hitam ini dengan dalih ‘pelarian’. Jangan mudah putus asa, Sobat. Setia pada masalah, hadapilah dengan tegar, carilah solusinya, tetap gunakan akal sehat kamu untuk menanganinya.

            Bila mentok tidak ada penyelesaian, carilah teman, sahabat, atau keluarga untuk bantu masalah yang kamu hadapi. Bila tidak, konsultasilah dengan ahli seperti biro konseling atau psikolog. Yang penting, masalah yang dihadapi jangan terlalu lama kamu diamkan,kamu pendam. Cobalah berbagi dengan mereka, setidaknya ceritakan, siapa tahu masukan mereka berguna dan ada inspirasi untuk solusi masalahmu.

            Saat menghadapi masalah, selalu ingatlah tujuan hidupmu kembali, apa impianmu, apa keinginanmu. Berusahalah untuk tetap optimis dan tetap bangkit hanya demi agar masa depanmu tetap dalam kendalimu agar semua impianmu bisa terwujud segera.

Selalu dekat dengan keluarga & agama

          Benteng yang paling ampuh terhindar dari penyalahgunaan narkoba ini sudah pasti adalah keluarga. Karena dengan adanya pengawasan keluarga dapat membantu kamu untk terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

            Untuk itu, cobalah kamu jadikan keluargamu menjadi tempat yang paling menyenangkan, paling menenangkan sehingga membuat kamu betah tinggal bersama sahabat. Bila kamu tidak serumah lagi dengan mereka, manfaatkan hape-mu untuk selalu berkomunikasi, bila pulsa habis, pede saja pakai Pede, kan banyak promonya!

            Apabila yang ada malah terjadi konflik antara kamu dengan keluarga, selalu berusahalah  untuk saling mendengar, saling mengingatkan dan saling memaafkan agar semakin mendewasakan pribadi masing-masing. Karena apapun situasinya, yang lebih peduli kamu tentu lagi-lagi adalah keluarga kamu.

            Selain keluarga, perlu kamu lengkapi dengan kedekatanmu pada Tuhan. Karena dengan agamalah, kamu selalu ingat bahwa narkoba itu justru menjerumuskanmu ke dunia yang tidak baik. Sehingga agama bisa memperkuat prinsipmu untuk bisa jauh-jauh dari narkoba.

Bentengi diri dengan sibuk di hobi

          Kondisi pandemi yang tidak berkesudahan, apalagi akhir Juni ini malah muncul varian baru dari India yang membuat PPKM diperketat lagi, tentu membuat kamu jadi makin banyak berdiam diri rumah. Akan bahaya kalau kamu tanpa beraktivitas. Kalau ini berlarut, bahaya Sobat, iseng isi waktu bisa-bisa melakukan hal yang menyerempet ke narkoba.

            Nah, salah satu cara biar kamu terjauh dari penyalahgunaan narkoba ini tentu dengan selalu aktif berkegiatan. Tidak perlu selalu keluar rumah, masih banyak hal-hal yang seru bisa dilakukan di rumah. Coba tengoklah ragam hobi yang pernah dibahas di artikel sebelumnya. Iya, hobi bisa menjadi benteng kamu untuk jauuuh dari narkoba.

            Dengan hobi, kamu akan lebih menyibukkan diri, apalagi bila sampai tukar info dengan komunitas hobi yang sama, dijamin akan banyak waktu yang kamu habiskan dengan mereka. Apalagi dengan hobi, kamu bisa mencari tahu serta menggali potensi diri yang berguna untuk pengembangan diri juga untuk potensi mendapatkan income tambahan.