Heboh! Cara Ini Bikin Makin Hemat Bayar Tagihan Listrik

Heboh! Makin Hemat Bayar Listrik

Kalau Tahu Cara Ini

Pandemi Covid-19 ini perlahan menggerus halus mental dan psikis banyak masyarakat Indonesia. Buktinya, selama #dirumahaja pasti tidak hanya kebutuhan harian yang membengkak. Tagihan listrik juga pasti ada dampaknya dalam pengeluaran bulanan kamu. Duh… mulai pusing, mau keluar rumah tapi takut kena virus, mau #dirumahaja tetapi selalu tergoda nonton setiap episode film Korea. Alhasil, tagihan listrik membengkak!

Di situasi yang serba salah ini, nggak ada salahnya lho kamu mencoba beberapa tips dan trik khusus dari Pede untuk menghemat pembayaran listrik di rumah kamu. Walaupun kebutuhan listrik sulit untuk dikurangi karena sudah mengikuti standar dari pemerintah. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menekan pengeluaran tersebut. Gimana caranya?

Pertama, selalu cek saklar di rumah kamu. Matikan saklar saat tidak digunakan. Pastikan untuk selalu crosscheck saklar apalagi saat ingin bepergian. Selain berbahaya karna bisa terjadi kosleting listrik, saklar yang terus hidup akan membuat tagihan listrik kamu membengkak.

Kedua, gunakan lampu LED di setiap rumah kamu. Walau harganya agak lebih mahal dari lampu pijar tetapi lampu LED ampuh menghemat tagihan lho. Selain itu, kurangi juga penggunaan AC atau kipas angin yang berlebih. Lebih baik manfaatkan ventilasi udara dari luar rumah.

Ketiga, gunakanlah listrik prabayar alias listrik dengan sistem pulsa. Dengan cara ini, bisa membantu kamu menghemat pengeluaran. Sebab, kamu bisa menyesuaikan jumlah pulsa listrik yang dibeli dengan kebutuhan. Kontrolnya tetap ada di kamu sehingga mau tidak mau kamu akan jadi lebih bijaksana dalam penggunaan listrik.

Keempat, lebih baik jangan menggunakan dispenser listrik karena daya konsumsi listriknya ternyata lebih besar ketimbang AC dan kulkas. Baiknya, kamu menggunakan dispenser manual. Jika butuh air panas, kamu bisa masak di kompor dan jika butuh air dingin kamu bisa masukkan ke dalam kulkas. Selain dispenser, masaklah nasi di rice cooker dengan air hangat agar nasi cepat matang dan tidak memakan watt yang banyak.

Kelima, hindari menggunakan pompa air otomatis. Wah, padahal simpel dan tidak perlu repot bolak balik, kan? Tetapi dengan sistem otomatis itulah yang membuat aliran listrik tidak akan terputus walau air sudah dihentikan. Sebagai solusinya, kamu bisa pasang tandon yang dipasangi radar alias saklar pelampung.

Selain kelima tips di atas, ada pula berbagai macam alat elektronik di rumah yang harus diperhatikan seperti setrika dengan watt tinggi, penggunaan microwave yang terlalu sering, hindari penggunaan PC jika tidak terlalu butuh, mengganti TV tabung dengan TV LED.

Kalau pengen nggak pusing bayar tagihan, percayakan saja pada aplikasi Pede. Apalagi sekarang ada promo Pede Payday dari Pede. Dapetin bonus poin 100 kali lipat  tiap beli pulsa, paket data, voucher game, bayar token, listrik, BPJS, dan tagihan lainnya pakai Pede. Yuk bayar tagihanmu sekarang, promo berlaku 25 November – 5 Desember 2020.

Mau? Klik di sini untuk info selengkapnya